PERAN MINAT DALAM MEMEDIASI PERSEPSI PROFESI GURU DAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU


Asror Umam, Asror Umam (2022) PERAN MINAT DALAM MEMEDIASI PERSEPSI PROFESI GURU DAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418029 - Asror Umam.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Peran guru menjadi salah satu aspek yang penting dalam memajukan pendidikan. Guru dituntut untuk memiliki kesiapan yang baik. Kompetensi yang harus dimiliki seorang guru untuk dikatakan siap untuk menjadi seorang guru antara lain kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran minat menjadi guru dalam memediasi pengaruh persepsi profesi dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap kesiapan menjadi guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kausalitas. Populasi penelitian sebanyak 342 mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan proportionate random sampling dengan sampel sebanyak 185 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi profesi guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan minat menjadi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru masing masing 40,8%, 23,4% dan 31,4%. Persepsi profesi guru dan engenalan Lapangan Persekolahan (PLP) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru masing-masing 49,7% dan19,8%. Minat menjadi guru mampu memediasi Persepsi profesi guru dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap kesiapan menjadi guru. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi profesi guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan minat menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi profesi guru dan Pengenalan lapangan Persekolahan (PLP) terhadap minat untuk menjadi seorang guru. Minat menjadi guru berhasil memediasi pengaruh persepsi profesi guru dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap kesiapan menjadi guru. Saran dari peneliti yaitu mahasiswa diharapkan untuk lebih memperdalam pengetahuan mengenai profesi guru dan mengasah kompetensinya melalui program-program yang dapat meningkatkan kesiapan yang dimilikinya sebagai seorang guru. Mahasiswa diharapkan belajar sungguh-sungguh sehingga memiliki prestasi yang baik dalam perkuliahan yang dapat membuktikan bahwa dirinya memang bersungguh sungguh untuk menjadi seorang guru sehingga orang-orang sekitar mendukungnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Menjadi Guru, Persepsi Profesi Guru, pengenalan Lapangan Persekolahan dan Minat Menjadi Guru.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:19
Last Modified: 24 Jan 2023 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55461

Actions (login required)

View Item View Item