PENANAMAN NILAI – NILAI MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA ULAR TANGGA KEBAIKAN DI TK AROHMAN DI KABUPATEN SUKOHARJO


Rizka Barokah, 1601417054 (2022) PENANAMAN NILAI – NILAI MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA ULAR TANGGA KEBAIKAN DI TK AROHMAN DI KABUPATEN SUKOHARJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417054 - Rizka Barokah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya hubungan penanaman nilai moral dengan ular tangga kebaikan. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat pandangan anak tentang perbuatan baik dan buruk kelas B1 dan B2 TK Arohman Kabupaten Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif Kausal Komparatif. Populasi di penelitian ini adalah murid TK Arohman Kabupaten Sukoharjo dengan jumlah 25 siswa. Karena jumlah populasi yang diteliti kurang dari 100 siswa, dalam penelitian ini digunakan sampel total. Artinya seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dan teknik analisis inferensial jenis analisis uji t untuk menguji hipotesis.Teknik pengumpulan datanya menggunakan angkat dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara media ular tangga kebaikan dengan penanaman nilai moral usia 5 – 6 tahun dengan . Di lihat dari hasil analisis deskriptif dengan jumlah responden 25 siswa dengan nilai t=2.064 dengan sig 0,000 pemahaman moral setelah penerapan media ular tangga kebaikan meningkat sebesar 28,52%. Sehingga di simpulkan bahwa adanya hubugan antara penanaman nilai moral dan ular tangga kebaikan Saran yang di ajukan dalam penelitian ini: (1) dapat memanfaatkan media permainan ular tangga kebaikan secara maksimal (2) peneliti selanjutnya dapat mengembangkan ular tangga kebakan dari aspek yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Ular Tangga, Nilai – Nilai Moral
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:21
Last Modified: 24 Jan 2023 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55460

Actions (login required)

View Item View Item