ANALISIS KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Fernanda Aulia Widiantika, 7101418002 (2022) ANALISIS KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418002 - Fernanda Aulia Widiantika.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kesiapan menjadi guru merupakan suatu kondisi yang menunjukkan kesiapan dalam diri seseorang untuk menjalankan profesinya sebagai guru. Mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi tahun angkatan 2018 memiliki kesiapan menjadi guru yang rendah, hal ini didukung dengan hasil angket awal dan data Tracer Study yang menyatakan alumni mahasiswa Pendidikan Ekonomi sebagian besar bekerja di bidang non kependidikan sedangkan mahasiswa yang bekerja di bidang kependidikan kurang dari 50%. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Motivasi Mengajar, Persepsi Profesi Guru, Locus of Control Internal, dan Efikasi Diri pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi tahun angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2018 yang berjumlah 339 mahasiswa. Ukuran sampel penelitian menggunakan rumus Slovin dengan standard error 5% sebanyak 183 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik area proportional random sampling, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh secara langsung motivasi mengajar terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 2,19%, (2) ada pengaruh secara langsung persepsi profesi guru terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 3,31%, (3) ada pengaruh secara langsung locus of control internal terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 5,90%, (4) dan ada pengaruh langsung efikasi diri terhadap kesiapan menjadi guru sebesar 4,24%. Simpulan dari penelitian menunjukkan bahwa kesiapan menjadi guru dipengaruhi oleh motivasi mengajar, persepsi profesi guru, locus of control internal, dan efikasi diri. Saran dari penelitian ini yaitu (1) Mahasiswa meningkatkan faktor internal pada diri mahasiswa dengan cara meyakinkan serta menanamkan rasa percaya diri agar dapat menjalankan profesi guru dengan baik dan penuh tanggung jawab. (2) Pemerintah lebih memperhatikan kesejahteraan guru serta memberikan perlindungan hukum yang baik bagi profesi guru. (3) Mahasiswa kependidikan meningkatkan locus of control internal pada diri masing-masing. (4) Mahasiswa agar berperan aktif dalam kegiatan terkait perencanaan pembelajaran terhadap kesiapan menjadi guru. (5) Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini masih di kategorikan sederhana dan perlu untuk dikaji lebih lanjut. Oleh karena itu untuk menambah kejelasan dalam mengukur kesiapan menjadi guru di harapkan adanya pengembangan dengan menambah variabel lain seperti minat menjadi guru, dan lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Menjadi Guru, Motivasi Mengajar, Persepsi Profesi Guru, Locus of Control Internal, Efikasi Diri
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:17
Last Modified: 24 Jan 2023 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55459

Actions (login required)

View Item View Item