PENGARUH TEKNOLOGI KEUANGAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN MELALUI EFIKASI DIRI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Tahun Angkatan 2018)


Sukma Devi Aryanti, 7101418026 (2022) PENGARUH TEKNOLOGI KEUANGAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN MELALUI EFIKASI DIRI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Tahun Angkatan 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418026 - Sukma Devi Aryanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi pada era 5.0 menjadikan teknologi keuangan semakin familiar di kalangan anak muda seperti mahasiswa. Pengguna dapat melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun. Namun dengan penggunaan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan perilaku konsumtif sehingga perilaku pengelolaan keuangan yang baik tidak terkendali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknologi keuangan, literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui efikasi diri keuangan sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2018 berjumlah 120 mahasiswa dan pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin sebanyak 92 mahasiswa. Teknik sampel menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung teknologi keuangan dan literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Sedangkan efikasi diri keuangan berpengaruh positif secara langsung terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Secara tidak langsung, pengaruh teknologi keuangan dan literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan dimediasi secara penuh atau full mediation oleh efikasi diri keuangan. Selain itu, riset ini juga menemukan bahwa efikasi diri keuangan dipengaruhi oleh teknologi keuangan dan literasi keuangan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh langsung antara teknologi keuangan dan literasi keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Namun ada pengaruh efikasi diri keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Secara tidak langsung, teknologi keuangan dan literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku pengelolaan keuangan melalui mediasi oleh efikasi diri keuangan secara penuh atau full mediation. Selain itu, efikasi diri keuangan dipengaruhi oleh teknologi keuangan dan literasi keuangan. Saran yang diberikan kepada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2018 adalah untuk melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran harian untuk mengontrol keuangan sehingga perilaku pengelolaan keuangan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teknologi keuangan, literasi keuangan, perilaku pengelolaan keuangan, efikasi diri keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:17
Last Modified: 24 Jan 2023 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55458

Actions (login required)

View Item View Item