HUBUNGAN DUKUNGAN IBU TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA PROSES PEMBELAJARAN BDR DI KELURAHAN TIRTO KOTA PEKALONGAN


Bekti Amaliatilah, 1601417052 (2022) HUBUNGAN DUKUNGAN IBU TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA PROSES PEMBELAJARAN BDR DI KELURAHAN TIRTO KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417052 - Bekti Amaliatillah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dukungan ibu tentunya berpengaruh pada kegiatan pembelajaran selama covid-19 yang harus dilaksanakan dari rumah. Sebagai dampak dari pandemi covid-19, ketika model belajar di sekolah berubah menjadi belajar dari rumah tentunya perlu adanya penyesuaian dimana suasana maupun gaya belajar anak menjadi berubah. Selain itu lingkungan belajar yang berbeda juga akan berpengaruh pada konsentrasi anak ketika belajar, dari yang semula kegiatan belajar dilaksanakan di sekolah menjadi di rumah. Sebagai sosok yang dekat dengan anak, dukungan ibu tentunya diperlukan selama kegiatan belajar dari rumah dilaksanakan agar tetap tercipta pengalaman belajar yang bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan anatar dukungan ibu dengan konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun di masa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di kelurahan Tirto kecamatan Pekalongan Barat kota Pekalongan tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 115 anak. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan jenis cluster random sampling untuk menentukan sampel penelitian. Sampel yang diambil sebanyak 85 anak. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan SPSS versi 24. Teknik pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Sebelum dilakukan uji analisis, dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubugan dukungan ibu terhadap konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,394 > 0,213 nilai r tabel dan nilai taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dengan tingkat hubungan lemah. Koefisiensi (r²) sebesar 15,5%, hal ini menunjukkan dukungan ibu berpengaruh sebesar 15,5% pada konsentrasi belajar anak usia 5-6 tahun sedangkan 84,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seper

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: dukungan ibu, konsentrasi belajar, pembelajaran BDR, masa panndemi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:13
Last Modified: 24 Jan 2023 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55455

Actions (login required)

View Item View Item