PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MOTIVASI, SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Halimatus Sa’diyah, 7101417260 (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MOTIVASI, SIKAP KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417260 - Halimatus Sa`diyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku berwirausaha merupakan tindakan nyata pada seseorang yang terjadi karena adanya stimulus atau rangsangan untuk berwirausaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya pengaruh lingkungan keluarga, motivasi, sikap kewirausahaan baik secara parsial maupun simultan terhadap perilaku berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Jenis pelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang dengan sampel sejumlah 152 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling. Metode pengumpulan data berupa angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap perilaku berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap perilaku berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap kewirausahaan terhadap perilaku berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. (4) Terdapat pengaruh lingkungan keluarga, motivasi, sikap kewirausahaan terhadap perilaku, adapun pengaruhnya sebesar 72,3% artinya lingkungan keluarga, motivasi, sikap kewirausahaan mempengaruhi perilaku berwirausaha mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Semarang. Saran yang diberikan pada penelitian ini yaitu diharapkan mahasiswa mampu menerapkan sikap kewirausahaan agar bisa tercapainya perilaku berwirausahabisa dimulai dengan cara mengikuti kegiatan yang ada di luar kampus mapun didalam kampus seperti seminar tentang kewirausahaan,pelatihan usaha dan mengikuti lomba-lomba berkaitan dengan kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perilaku Berwirausaha, Lingkungan Keluarga, Motivasi, Sikap Kewirausahaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:10
Last Modified: 24 Jan 2023 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55453

Actions (login required)

View Item View Item