PENGARUH LOCUS OF CONTROL, SELF EFFICACY, DAN SELF CONCEPT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Siswa Kelas XII IPS SMA N 1 Pamotan)


Mamluatun Ni’mah, 7101418019 (2022) PENGARUH LOCUS OF CONTROL, SELF EFFICACY, DAN SELF CONCEPT TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN SELF REGULATED LEARNING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Siswa Kelas XII IPS SMA N 1 Pamotan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418019 - Mamluatun Ni'mah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan dapat dikatakan berhasil apabila hasil belajar siswa di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Hasil belajar merupakan output dari proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru terhadap peserta didik di sekolah atau lembaga formal lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh “locus of control, self efficacy, dan self concept terhadap hasil belajar akuntansi dengan self regulated learning sebagai variabel mediasi (Studi Pada Siswa Kelas XII IPS SMA N 1 Pamotan). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan IPS di SMA N 1 Pamotan Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 172 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik probability sampling dengan teknik proportional random sampling. Penentuan sampel menggunakan rumus dari Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 121 siswa. Variabel independen dalam penelitian ini adalah locus of control, self efficacy, self concept. Sementara variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi dengan self regulated learning sebagai variabel mediasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa locus of control, self efficacy, self concept, dan self regulated learning dalam kategori tinggi, untuk hasil belajar akuntansi menunjukkan kategori baik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa locus of control, self efficacy, self concept berpengaruh positif dan signifikan terhadap self regulated learning siswa. Locus of control, dan self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan self concept tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Self regulated learning dapat memediasi pengaruh locus of control, dan self efficacy terhadap hasil belajar secara parsial dan dapat memediasi pengaruh self concept terhadap hasil belajar secara full mediation. Simpulan dari penelitian ini adalah peran self regulated learning dibutuhkan dalam memediasi pengaruh locus of control, self efficacy, dan self concept. Saran yang dapat diberikan adalah agar siswa berani berpendapat, percaya diri dalam berkomunikasi dengan guru ketika belum memahami pelajaran, serta siswa diharuskan mempunyai jadwal belajar di rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Locus Of Control, Self Efficacy, Self Concept, Hasil Belajar Akuntansi, Self Regulated Learning.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:08
Last Modified: 24 Jan 2023 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55452

Actions (login required)

View Item View Item