PENGARUH STRES TEKNOLOGI DAN KEYAKINAN DIRI ATAS KOMPUTER TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DENGAN RELIGIOSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Semarang Angkatan 2021)


Eka Rahmawati, 7101418018 (2022) PENGARUH STRES TEKNOLOGI DAN KEYAKINAN DIRI ATAS KOMPUTER TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DENGAN RELIGIOSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Semarang Angkatan 2021). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418018 - Eka Rahmawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Prestasi akademik mahasiswa merupakan suatu perubahan perilaku setelah melaksanakan kegiatan belajar. Untuk mengetahui perubahan tersebut harus dilakukan pengukuran mengenai kemampuan yang telah dan baru dimiliki oleh mahasiswa sebagai peserta didik. Faktor-faktor yang memberikan kontribusi dalam proses hasil belajar adalah kondisi internal dan eksternal mahasiswa. Kondisi internal mencakup kondisi fisik dan kondisi psikis yaitu kemampuan intelektual, emosional, dan kondisi sosial dalam kemampuan bersosialisasi dengan ligkungan. Kondisi eksternal mahasiswa seperti variasi kesulitan materi belajar yang dipelajari, iklim, suasana lingkungan dan budaya belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh stres teknologi dan keyakinan diri atas komputer terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan religiositas sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi jurusan pendidikan akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2021 sebanyak 164 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 116 mahasiswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah stres teknologi dan keyakinan diri atas komputer, variabel terkaitnya adalah prestasi akademik sedangkan religiositas sebagai variabel moderator. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel stres teknologi yang tinggi berpengaruh negatif terhadap prestasi akademik, keyakinan diri atas komputer yang tinggi berpengaruh positif terhadap prestasi akademik. Religiositas sebagai variabel moderasi tidak mampu memperlemah pengaruh stres teknologi yang tinggi terhadap prestasi akademik karena termasuk dalam excluded variabel. Sementara, religiositas sebagai variabel moderasi mampu memperkuat pengaruh keyakinan diri atas komputer yang tinggi terhadap prestasi akademik. Simpulan dari penelitian ini, secara parsial stre teknologi dan keyakinan diri atas komputer berpengaruh terhadap prestasi akademik. Sedangkan, religiositas dapat memoderasi keyakinan diri atas komputer terhadap prestasi akademik dan tidak dapat memodersi stres teknologi terhadap prestasi akademik karena dikeluarkan sebagai prediktor. Saran dari penelitian ini, mahasiswa mampu menurunkan tingkat stres terhadap ketidapastian teknologi. Keyakinan diri atas komputer, mahasiswa mampu memacu keyakinan dan berpikir positif bahwa dirinya mampu mengerjakan tugas-tugas kuliah dengan baik. Perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai stres teknologi di perguruan tinggi, terutama dalam pembelajaran online dan e-learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Akademik, Stres Teknologi, Keyakinan Diri Atas Komputer, Religiositas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:05
Last Modified: 24 Jan 2023 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55450

Actions (login required)

View Item View Item