PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN KERJA GURU MELALUI ETIKA KERJA SEBAGAI VARIBEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Guru SMK Negeri 1 Pati)


Pratiwi Mundi Damayanti, 7101417252 (2022) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN KERJA GURU MELALUI ETIKA KERJA SEBAGAI VARIBEL MEDIASI (Studi Kasus Pada Guru SMK Negeri 1 Pati). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417252 - Pratiwi Mundi Damayanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Komitmen kerja merupakan hal penting yang harus dimiliki guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Namun pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak ditemukan beberapa fakta empiris yang menjadi masalah sekaligus penghambat komitmen kerja. Salah satu permasalahan yang masih berlangsung yaitu mengenai tingkat kesejahteraan yang diterima para guru tergolong masih rendah dan tidak sebanding dengan pengabdian yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji komitmen kerja guru yang dipengaruhi oleh budaya organisasi, motivasi kerja dan kepuasan kerja melalui etika kerja sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMK Negeri 1 Pati yang berjumlah 84 guru. Penelitian ini menggunakan uji coba terpakai dan sampel jenuh. Teknik analisis deskriptif menggunakan SPSS 25 untuk uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis inferensial menggunakan SEM-PLS untuk uji outer model dan inner model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model penelitian yang digunakan telah valid dan reliabilitas konstruk serta fit of model telah dinyatakan layak. Berdasarkan uji hipotesis didapatkan bahwa budaya organisasi berpengaruh paling besar yaitu 33.1% terhadap komitmen kerja guru dengan P-value 0.002 < 0.05. Motivasi kerja berpengaruh sebesar 29.3% terhadap komitmen kerja guru dengan P-value 0.046 < 0.05, kepuasan kerja berpengaruh sebesar 10,5% terhadap komitmen kerja guru dengan P-value 0.035 < 0.05. Etika kerja memediasi variabel eksogen terhadap variabel endogen yang memperkuat pada variabel budaya organisasi sebesar 22.3%. Kemudain untuk yang melemahkan pada variabel motivasi kerja sebesar 12.6% dan kepuasan kerja sebesar 0.6%. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 8 hipotesis diterima dan 2 ditolak. Salah satu variabel yang memberikan pengaruh terbesar terhadap komitmen kerja guru yaitu variabel budaya organisasi. Saran kepada penelitian selanjutnya, diharapkan dapat menganalisis dan meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi komitmen kerja guru seperti stress kerja, kompensasi atau variabel lain, serta memunculkan variabel mediasi selain etika kerja

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Kerja, Budaya Organisasi, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Etika Kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:03
Last Modified: 24 Jan 2023 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55449

Actions (login required)

View Item View Item