PENGARUH LITERASI EKONOMI, STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA, DAN HABITUASI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI GAYA HIDUP HEDONIS


Farah Dwi Al Hidayah, 7101418017 (2022) PENGARUH LITERASI EKONOMI, STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA, DAN HABITUASI MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI GAYA HIDUP HEDONIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418017 - Farah Dwi Al Hidayah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan suatu kecenderungan manusia untuk melakukan konsumsi tanpa batas, dan lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan. Seseorang yang berperilaku konsumtif didasarkan pada keinginan untuk memenuhi kesenangan, kepuasan dan kenyamanan fisik bukan berdasar kebutuhan dan pembelian suatu produk yang sebagian besar dipengaruhi faktor diluar kebutuhan diri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh literasi ekonomi, status sosial ekonomi keluarga, dan habituasi media sosial terhadap perilaku konsumtif melalui gaya hidup hedonis. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun 2018 sebanyak 337 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yaitu proportional random sampling dengan 183 mahasiswa. Variabel bebas dalam penelitian adalah literasi ekonomi, status sosial ekonomi keluarga dan habituasi media sosial, variabel terikatnya adalah perilaku konsumtif dan gaya hidup hedonis sebagai variabel mediasi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes literasi ekonomi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil uji statistik deskriptif diketahui bahwa tingkat literasi ekonomi mahasiswa tergolong cukup. Variabel status sosial ekonomi, habituasi media sosial dan gaya hidup hedonis tergolong tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi ekonomi berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif, status sosial ekonomi keluarga berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif, dan habituasi media sosial berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif. Gaya hidup hedonis sebagai variabel mediasi memperkuat hubungan variabel independen terhadap variabel dependen. Simpulan dari penelitian ini, secara parsial literasi ekonomi, status sosial ekonomi, dan habituasi media sosial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Gaya hidup hedonis dapat memediasi hubungan literasi ekonomi, status sosial ekonomi, dan habituasi media sosial terhadap perilaku konsumtif. Saran dari penelitian ini, agar mahasiswa meningkatkan literasi ekonomi dengan cara terbuka terhadap pengetahuan baru tentang ekonomi dari berbagai sumber. Penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan variabel mediasi lain yang dapat memediasi pengaruh variabel-variabel independen terhadap perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Ekonomi, Status Sosial Ekonomi Keluarga, Habituasi Media Sosial, Perilaku Konsumtif, Gaya Hidup Hedonis
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:01
Last Modified: 24 Jan 2023 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55448

Actions (login required)

View Item View Item