DETERMINAN INTENSI BERWIRAUSAHA BERBASIS PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNNES


Anjar Hayuning, 7101417248 (2022) DETERMINAN INTENSI BERWIRAUSAHA BERBASIS PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417248 - Anjar Hayuning.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan beserta Teori Shapero mengenai acara kewirausahaan pada intensi berwirausaha pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 sejumlah 350 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 187 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan software IBM SPSS Statistic 22. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan, perceived feasibility, perceived desirability dan propensity to act berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan, perceived feasibility, perceived desirability dan propensity to act secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap intensi kewirausahaan sebesar 44,45% Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif secara parsial dan simultan antara pendidikan kewirausahaan, perceived feasibility, perceived desirability dan propensity to act terhadap intensi kewirausahaan. Dalam penelitian ini pendidikan kewirausahaan merupakan variabel yang memiliki presentase tertinggi dalam mempengaruhi intensi berwirausaha pada mahasiswa karena pendidikan kewirausahaan yang diadakan tidak hanya memberikan pengetahuan secara teoritis tetapi juga mampu memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam berwirausaha melalui praktik nyata dalam kegiatan pembelajarannya. Temuan penelitian menyarankan agenda tentang modifikasi kurikulum berorientasi kewirausahaan dan penciptaan suasana kewirausahaan di Perguruan Tinggi maupun program-program kewirausahaan dari Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek seperti : Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMII), Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMII), Akselerasi Starup Mahasiswa Indonesia (ASMI) dan Pendampingan Wirausaha Indonesia (PWMII) lebih ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kewirausahaan, perceived feasibility, perceived desirability, propensity to act, intensi berwirausaha
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:57
Last Modified: 24 Jan 2023 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55446

Actions (login required)

View Item View Item