PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK, SARANA PRASARANA, DAN FACULTY IMAGE TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Resta Fauziah, 7101418016 (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK, SARANA PRASARANA, DAN FACULTY IMAGE TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418016 - Resta Fauziah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam perguruan tinggi kepuasan mahasiswa sudah selayaknya dipertimbangkan dalam segi kualitas pelayanan akademik, sarana prasarana dan faculty image. Berdasarkan data hasil survey kepada mahasiswa terhadap kualitas pelayanan akademik, sarana prasarana dan faculty image pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang masih perlu peningkatan dan perbaikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan akademik, sarana prasarana dan faculty image terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang baik seacara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2019 yaitu sejumlah 979 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah Area Proportional Random Sampling dan menggunakan rumus Slovin yang menghasilkan jumlah sampel 284 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda, analisis jalur, serta untuk pengujian hipotesisnya menggunakan aplikasi IBM Statistic SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel yaitu kualitas pelayanan akademik, sarana prasarana dan faculty image secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan koefisien regresi sebesar 0,000 dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05. Kualitas pelayanan akademik secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan koefisien regresi sebesar 0,000 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sarana prasarana secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan koefisien regresi sebesar 0,000 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Faculty image secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan koefisien regresi sebesar 0,000 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Simpulan dalam penelitian ini bahwa semua variabel baik secara parsial maupun simultan saling berpengaruh satu sama lain. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan pembaharuan dan menambah ruang lingkup penelitian dengan variabel yang dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa diluar variabel yang diteliti agar memperoleh hasil yang variatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Mahasiswa, Kualitas Pelayanan Akademik, Sarana Prasarana, Faculty Image.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:54
Last Modified: 24 Jan 2023 02:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55444

Actions (login required)

View Item View Item