TEKNIK MEMBENTUK TANAH LIAT DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5 – 6 TAHUN TK DI DESA WISATA MELIKAN, KABUPATEN KLATEN


Hanifah Mubarakah, 1601417046 (2022) TEKNIK MEMBENTUK TANAH LIAT DAPAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5 – 6 TAHUN TK DI DESA WISATA MELIKAN, KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417046 - hanifah mubarakah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai peningkatan keterampilan motorik halus menggunakan tanah liat pada anak usia 5 – 6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (preexperimental) dengan jenis One Group Pretest - Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5 – 6 tahun TK di Kawasan Desa Wisata Melikan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling purposive sebanyak 15 anak kelas B di TK ABA dan 16 anak kelas B di TK Pertiwi Melikan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala penilaian keterampilan motorik halus pada anak usia 5 – 6 tahun. Sedangkan metode analisis data yaitu deskriptif dan uji hipotesis dengan Paired Sample t Test. Berdasarkan hasil perhitungan Uji Paired Sample Test, hasil dari sebelum pemberian perlakuan atau pretest dengan nilai rata – rata 57,71, sedangkan hasil setelah pemberian perlakuan atau postest dengan nilai rata – rata 91,39. Dari perhitungan N- Gain Score diperoleh nilai rata - rata 0,8020 artinya terjadi peningkatan motorik halus dengan kategori tinggi. Pada Uji Paired Sample Test diperoleh nilai asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari <0,05, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan thitung > ttabel. berarti dapat dikatakan terdapat perbedaan rata – rata yang signifikan pada motorik halus melalui teknik membentuk tanah liat di Desa Wisata Melikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motorik halus, tanah liat, teknik membentuk
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:08
Last Modified: 24 Jan 2023 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55442

Actions (login required)

View Item View Item