PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BERGAS


Cici Krisdyawati, 7101417219 (2022) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BERGAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417219 - Cici Krisdyawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh pembelajaran ekonomi di kelas XI IPS 4 SMA N 1 Bergas yang memiliki banyak kendala dan masalah selama pelaksanaan pembelajaran daring. Penyebabnya antara lain adalah kendala jaringan internet dan keterbatasan kuota internet sehingga siswa sering kali tertinggal materi saat pembelajaran daring menggunakan Zoom meeting. Partisipasi siswa juga rendah saat pembelajaran daring karena siswa merasa bosan dengan materi tertulis yang diberikan karena memiliki tampilan yang monoton dan tidak menarik karena hanya berisi tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media, dan mengetahui efektivitas media yang dikembangkan, yaitu media pembelajaran berbasis aplikasi android dengan menggunakan Smart Apps Creator (SAC) pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 4 SMA N 1 Bergas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development atau penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Model ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk. Pengumpulan data lapangan dilakukan menggunakan wawancara, angket kebutuhan, angket penilaian, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji coba instrumen, analisis data produk, analisis data awal dan data akhir. Hasil dari penelitian pengembangan ini meliputi produk berupa aplikasi yang diakses melalui android dengan tingkat kelayakan materi sebesar 83,57%, dan kelayakan media sebesar 80%, hasil tanggapan guru sebesar 84,28% dan tanggapan dari siswa sebesar 84,09%, serta diperoleh nilai gain sebesar 0,59 dan uji paired sample t-test yang menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar pelajaran ekonomi sebelum dan sesudah menggunakan media. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak secara teoritis dan praktis serta efektif meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran, aplikasi android, ekonomi, SMA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:40
Last Modified: 24 Jan 2023 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55438

Actions (login required)

View Item View Item