PERAN GAYA HIDUP SEBAGAI MEDIATOR PENGARUH IKLAN E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Septiya Hadi Ningsih, 7101418009 (2022) PERAN GAYA HIDUP SEBAGAI MEDIATOR PENGARUH IKLAN E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418009 - Septiya Hadi Ningsih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan suatu perilaku seseorang dalam melakukan konsumsi yang bersifat menghambur-hamburkan atau berlebihan. Perilaku konsumtif juga menggambarkan pola hidup seseorang yang dikendalikan dan didorong oleh keinginan untuk mendapatkan kepuasan atas hasrat keinginan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh iklan e�commerce, media sosial terhadap perilaku konsumtif dengan gaya hidup sebagai mediator. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang sebanyak 31,112 dan diambil sampel sebanyak 161 mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang sebagai responden menggunakan rumus invers square root method. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling dan purposive sampling yang diproposionalkan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji pilot sebelumnya dengan jumlah 38 item pertanyaan. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik dengan menggunakan analisis angka index five box method dan menggunakan SEM dengan menggunakan software WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan e-commerce, media sosial dan gaya hidup dalam kriteria tinggi. Sedangkan perilaku konsumtif pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkab bahwa iklan e-commerce berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif, media sosial berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif, gaya hidup berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif, iklan e-commerce berpengaruh positif terhadap gaya hidup, media sosial berpengaruh positif terhadap gaya hidup, gaya hidup memediasi pengaruh iklan e-commerce terhadap perilaku konsumtif, gaya hidup memediasi pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil penelitian diatas, saran dalam meminimalisir perilaku konsumtif pada mahasiswa adalah dengan meminimalisir transaksi setelah melihat iklan e-commerce, memikirkan kembali serta melihat lebih rinci terkait penjelasan dari iklan e-commerce agar tidak mudah terpengaruh oleh informasi dari iklan e�commerce, meminimalisir penggunaan media sosial, mahasiswa diharapkan dapat mengolah keuangan mereka dengan lebih baik lagi seperti melakukan pemasukan dan pengeluaran mereka serta mengontrol pengeluaran uang agar tidak melakukan pemborosan, mahasiswa diharapkan untuk bisa lebih mengatur pola hidupnya dengan mengalihkan waktu senggang mereka untuk kegiatan yang lebih positif dan bermanfaat serta diharapkan dapat lebih mampu mempertimbangkan kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan, bukan lagi berdasarkan pada keinginan semata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumtif, Iklan E-commerce, Media Sosial, dan Gaya Hidup
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:42
Last Modified: 24 Jan 2023 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55437

Actions (login required)

View Item View Item