PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN, DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DENGAN KOMPETENSI APARATUR DESA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Desa Se-Kecamatan Mertoyudan, Kecamatan Mungkid, dan Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang)


Dian Hasna Armeika Dewi, 7101418007 (2022) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN, DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA DENGAN KOMPETENSI APARATUR DESA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Desa Se-Kecamatan Mertoyudan, Kecamatan Mungkid, dan Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101418007 - Dian Hasna AD.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Akuntabilitas pengelolaan dana desa yang dijalankan oleh pemerintah desa di Kabupaten Magelang masih belum maksimal. Akuntabilitas pengelolaan masih mengalami kendala dalam penyaluran dana desa dan terjadinya kasus korupsi yang dilakukan oleh oknum aparatur desa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis akuntabilitas pengelolaan dana desa yang dilakukan oleh aparatur desa di Kecamatan Mertoyudan, Kecamatan Mungkid, dan Kecamatan Muntilan berkaitan dengan peran kompetensi aparatur desa dalam memoderasi sistem pengendalian internal, penyajian laporan keuangan, dan partisipasi masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi aparatur pengelola dana desa yang terdiri dari kepala desa, sekertaris desa, dan kaur keuangan di Kecamatan Mertoyudan, Mungkid, dan Muntilan sebanyak 117 aparatur dan diambil sampel 90 aparatur sebagai responden yang dihitung menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi moderasi dengan uji nilai selisih mutlak. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh postif dan signifikan antara sistem pengendalian internal dan penyajian laporan keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Partisipasi masyarakat berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Kompetensi aparatur desa tidak berhasil memoderasi pengaruh sistem pengendalian internal dan partisipasi masyarakat terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Kompetensi aparatur desa berhasil memoderasi pengaruh penyajian laporan keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Berdasarkan analisis, kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem pengendalian internal dan penyajian laporan keuangan berpengaruh postitif dan signifikan terhadap pengelolaan dana desa. Kompetensi aparatur desa tidak berhasil memoderasi pengaruh sistem pengendalian internal dan partisipasi masyarakat terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Saran yang diberikan adalah aparatur desa selalu meningkatkan akuntabilitas dalam pengelolaan dana desa dengan mengelola keuangan sesuai dengan peraturan yang ada, memilih orang yang berkompeten dalam mengelola keuangan desa, serta memberikan kemudahan dalam mengakses laporan keuangan dan meningkatkan partisipasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Internal, Penyajian Laporan Keuangan, Partisipasi Masyarakat, Kompetensi Aparatur Desa, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:09
Last Modified: 24 Jan 2023 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55431

Actions (login required)

View Item View Item