PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, PROMOSI PENJUALAN, ULASAN PRODUK, DAN KEMUDAHAN TRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI MARKETPLACE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Vita Dwi Lestari, 7101417218 (2022) PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, PROMOSI PENJUALAN, ULASAN PRODUK, DAN KEMUDAHAN TRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION DI MARKETPLACE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417218 - Vita Dwi Lestari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengambil fenomena yang ada di masyarakat dimana belanja online sedang populer dan diminati khususnya oleh mahasiswa. Fashion menjadi produk yang banyak dicari karena sandang merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi untuk menunjang kenyamanan dalam kegiatan perkuliahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh keragaman produk, promosi penjualan, ulasan produk, dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian produk fashion di marketplace pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan marketplace yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yang tidak diketahui jumlahnya. Sampel yang digunakan sejumlah 90 dengan menggunakan perhitungan sampel dari Joseph Hair yaitu n = 5 x jumlah indikator. Jumlah indikator dalam penelitian ini sebanyak 18 dengan menggunakan teknik accidental. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menjelaskan tentang keputusan pembelian yang memiliki kategori tinggi dengan skor 36,67%. Keragaman produk memiliki kategori tinggi dengan skor 35,56%. Promosi penjualan memiliki kategori tinggi dengan skor 15,56%. Ulasan produk memiliki kategori tnggi dengan skor 28,89%. Kemudahan transaksi memiliki kategori tinggi dengan skor 24,44%. Kesimpulan penelitian ini adalah variabel keragaman produk dan variabel ulasan produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel promosi penjualan dan kemudahan transaksi tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Saran dalam penelitian ini adalah marketplace dapat mempertahankan kualitas keragaman produk agar membuat konsumen merasa puas karena memiliki banyak pilihan untuk melakukan pembelian. Pembeli harus selalu memperhatikan ulasan produk yang ada di marketplace secara lebih mendalam terhadap produk yang hendak dibeli

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keragaman Produk, Promosi Penjualan, Ulasan Produk, Kemudahan Transaksi, Keputusan Pembelia
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:37
Last Modified: 24 Jan 2023 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55430

Actions (login required)

View Item View Item