STUDI IMPLEMENTASIPEMBELAJARAN CALISTUNG PADA ANAK USIA DINI DI RA AISYAH PUDAKPAYUNG KOTA SEMARANG


Viva, 1601417034 (2022) STUDI IMPLEMENTASIPEMBELAJARAN CALISTUNG PADA ANAK USIA DINI DI RA AISYAH PUDAKPAYUNG KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417034 - Viva.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran calistung sama dengan pembelajaran aksara yang ada pada Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Dasar pembelajaran aksara ini ditujukan sebagai pengenalan keterampilan membaca, menulis, dan menghitung. Hal ini sebagian terdapat dalam Standar Isi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) usia 4-5 tahun dan 5-6 tahun lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia No.137 Tahun 2014. Pengenalan ini dilakukan dengan maksud membekali anak untuk masuk ke jenjang Sekolah Dasar. Penelitian tentang pembelajaran calistung pada anak usia dini mengambil lokasi penelitian di RA Aisyah Pudakpayung Kota Semarang kelompok B. Alasan peneliti mengambil penelitian di RA Aisyah Pudakpayung ini adalah karena adanya kesesuaian antara permasalahan dengan objek penelitian, yaitu karena lembaga sudah menerapkan pembelajaran calistung di kelas karena adanya tekanan dari orang tua dan tuntutan dari sekolah dasar yang mengharuskan anak mampu membaca, menulis dan berhitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan termasuk penelitian studi implementasi maka hasil penelitian ini bersifat analisis-deskriptif yaitu berupa kata – kata tertulis atau lisan dari perilaku yang diamati terutama berkaitan dengan Implementasi Pembelajaran Calistung Di RA Aisyah Pudakpayung Kota Semarang.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknis analisis Miles & Huberman dengan uji validitas dan keabsahan data menggunakan derajat kepercayaan (credibility). Uji validitas dan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan referensi. Triangulasi yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, waktu, dan teknik.Validitas dan keabsahan data diuji melalui perbandingan antara 2 atau lebih dari sumber yang ada, perbandingan hasil pengamatan dengan dokumen yang diperoleh. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu implementasi pembelajaran calistung di RA Aisyah Pudakpayung Kota Semarang menggunakan metode pembelajaran STEAM berbahan kontekstual, bahan bekas, diskusi dan pemberian tugas. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadikan informasi bagi guru dan orang tua murid agar memperhatikan tingkat aspek perkembangan anak dalam melakukan pembelajaran calistung agar anak tidak merasa dipaksa dan menjadikan anak stress dan keterlambatan kecerdasan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran Calistung, Dampak Positif Negatif dan Pro Kontra Pembelajaran Calistung.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:54
Last Modified: 24 Jan 2023 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55428

Actions (login required)

View Item View Item