PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANAK USIA DINI DITINJAU DARI KETERSEDIAAN LAYANAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH


Tias Nailul Fajriah, 1601416055 (2022) PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANAK USIA DINI DITINJAU DARI KETERSEDIAAN LAYANAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601416055 - Tias Nailul Fajriah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini ditinjau dari ketersediaan layanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di TK Diponegoro 125 Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas dan TK IT Mutiara Basmala, Kelurahan Bangetayu Wetan, Kecamatan Genuk, Kabupaten Semarang. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode komparatif dengan menggunakan satu skala, yaitu Skala Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini. Populasi pada penelitian ini yaitu anak usia 4-6 tahun yang bersekolah di TK Diponegoro 125 Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas dan TK IT Mutiara Basmala, Kecamatan Genuk, Kabupaten Semarang yang telah mendapatkan ijin orang tuanya sebagai responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling pusposive. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 56 anak usia 4-6 tahun. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis independent sample t-test yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat dahulu menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menujukkan bahwa PHBS anak di TK Dipnegoro 125 Arcawinangun untuk nilai minimumnya adalah 85, nilai maksimumnya 126 dan nilai rata-ratanya 105.21, sedangkan PHBS anak di TK IT Mutiara Basmala nilai minimumnya adalah 82, nilai maksimumnya 121, dan nilai rata-ratanya 98.96. Hasil uji hipotesis didapatkan nilai Sig < 0.05 yaitu 0.024 < 0.05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan PHBS anak di TK Diponegoro 125 Arcawinangun, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas dan TK IT Mutiara Basmala, Kecamatan Genuk, Kabupaten Semarang. Saran dari peneliti adalah hendaknya setiap sekolah menerapkan layanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) agar PHBS anak juga berkembang dengan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Anak Usia Dini (AUD), Layanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:22
Last Modified: 24 Jan 2023 01:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55421

Actions (login required)

View Item View Item