PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KARAKTER BERBAKTI PADA ORANG TUA DI TK HIMAWARI


Muhammad Romadhon Adhi Pradana Sakti, 1601414122 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KARAKTER BERBAKTI PADA ORANG TUA DI TK HIMAWARI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601414122 - Muhammad Romadhon Adhi Pradana Sakti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pembelajaran daring terhadap karakter berbakti kepada oragtua saat Pandemi Covid-19 pada anak TK B di PAUD Himawari dan mengetahui perbedaan karakter berbakti anak terhadap orangtua saat pembelajaran daring. Berbakti kepada orang tua atau guru diartikan sebagai suatu perbuatan ihsan (baik) anak kepada orang tua atau guru dengan menyelesaikan atau menunaikan sesuatu yag wajib atas anak kepada orang tua, baik dalam segi motil amupun spiritual, yang sesyau dengan ajaran islam. tahun 2020 hingga saat ini dunia pendidikan mengalami babak baru dalam proses belajar mengajar, dimana proses belajar mengajar harus dilakukan secara jarak jauh dengan sistem daring sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Corona Virus Diseases (COVID-19). Keadaan tersebut mendorong lembaga pendidikan dalam hal ini sekolah yang memiliki tanggung jawab kepada siswa dan orang tua siswa untuk tetap memberi pendidikan dan pembelajaran guna peningkatan pengetahuan, ketrampilan, dan pengembang karakter. Jenis penelitian kuantitatif dan desain penelitian mengunakan teknik regresi dan pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga yang memiliki anak usia 5-7 tahun di TK Himawari. Pada Penelitian ini menggunakan 35 reponden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan observasi. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring berpengaruh terhadap karakter berbakti kepada orangtua saat Pandemi Covid-19 pada anak TK B di PAUD Himawari terutama pada aspek bahasa yang digunakan adalah santun. Diperoleh dari perhitungan uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, berarti variabel pembelajaran daring memiliki pengaruh positif terhadap karakter berbakti kepada oragtua saat Pandemi Covid-19 pada anak TK B di PAUD Himawari. Hasil Koefisien determinasi nilai R square sebesar 0,629 yang artinya pembelajaran daring memiliki pengaruh terhadap karakter berbakti kepada orang tua dengan nilai sebesar 62,9%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Karakter Dan Berbakti
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 24 Jan 2023 00:55
Last Modified: 24 Jan 2023 00:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55419

Actions (login required)

View Item View Item