PREFERENSI GURU BAHASA PRANCIS TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS : DARING ATAU LURING


Mia Yasmin, 2301421059 (2022) PREFERENSI GURU BAHASA PRANCIS TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS : DARING ATAU LURING. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2301421059 - Mia Yasmin.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

a Kunci : Preferensi Guru, Pembelajaran Daring dan Luring. Pandemi Covid-19 berakibat ke berbagai bidang, salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Dampak yang diterima oleh berbagai lembaga pendidikan menjadikan pembelajaran yang asal mulanya luring berubah total menjadi pembelajaran daring. Seiring kondisi dan keadaan yang ada, pembelajaran daring kemudian berubah menjadi pembelajaran campuran (Blended Learning) yaitu pembelajaran luring secara terbatas hingga pembelajaran luring dapat diberlakukan kembali. Penggunaan pembelajaran tersebut sudah diterapkan di dalam berbagai pembelajaran salah satunya adalah pembelajaran bahasa Prancis karena pada pembelajaran bahasa Prancis penting dipelajari untuk menambah wawasan pengetahuan mengenai bahasa asing. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui preferensi guru bahasa Prancis terhadap pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Prancis dengan pembelajaran daring atau luring sehingga dapat menghasilkan pembelajaran yang tepat dan cocok bagi siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif karena penelitian ini memberikan paparan dan menganalisis mengenai pembelajaran daring atau luring yang dipilih dari guru bahasa Prancis. Objek dari penelitian yang dituju adalah 9 guru MGMP bahasa Prancis. Dengan melaksanakan pengisian kuesioner yang diberikan kepada guru, hasil yang akan didapat kemudian dideskripsikan dan dipresentasekan sehingga peneliti dapat mengetahui hasil preferensi guru bahasa Prancis terkait pembelajaran daring atau luring Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Prancis lebih memilih pelaksanaan proses pembelajaran bahasa Prancis dilaksanakan secara luring. Keterangan ini ditunjukkan pada hasil perhitungan kuesioner di mana pada bagian perencanaan pembelajaran dengan hasil 88,9 % pembelajaran luring dan 11, 1 % pembelajaran daring. Maka, guru dalam melaksanakan perencanaan pembelajaran lebih memilih untuk dilakukan secara luring. Kemudian pada bagian pelaksanaan pembelajaran dengan hasil 88,9 % pembelajaran luring dan 11, 1 % pembelajaran daring. Dengan hasil ini, bagian pelaksanaan pembelajaran, guru lebih memilih pelaksanaan pembelajaran secara luring. Bagian akhir kuesioner, penilaian pembelajaran dengan hasil 89,91 % pembelajaran luring dan 10,09 % pembelajaran daring. Dengan demikian, guru lebih memilih melaksanakan kegiatan penilaian pembelajaran secara luring. Dari ketiga tahapan proses pembelajaran dengan pengisian angket yang diisi oleh guru bahasa Prancis disimpulkan bahwa preferensi guru bahasa Prancis dalam pembelajaran bahasa Prancis lebih memilih dengan menggunakan pembelajaran luring

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Preferensi Guru, Pembelajaran Daring dan Luring
Subjects: L Education > Educational Institutions
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:18
Last Modified: 20 Jan 2023 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55395

Actions (login required)

View Item View Item