PENGARUH FRAUD PENTAGON THEORY TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DENGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018)


Annisa Cahyaning Widhi, 7101417200 (2022) PENGARUH FRAUD PENTAGON THEORY TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DENGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417200 - Annisa Cahyaning Widhi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Kecurangan akademik adalah perilaku ketidakjujuran yang dilakukan dengan sengaja oleh seseorang yang tidak bertanggungjawab di lingkungan akademik dengan menggunakan segala cara untuk memperoleh keuntungan bagi dirinya sendiri berupa prestasi akademik yaitu nilai yang tinggi. Tujuan penelitian adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh tekanan, peluang, rasionalisasi, kesempatan, arogansi terhadap kecurangan akademik dengan konformitas teman sebaya sebagai variabel moderasi pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang angkatan 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak 7.029 mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang angkatan 2018. Sampel diperoleh sebanyak 379 mahasiswa yang dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner, sedangkan metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukan bahwa variabel kecurangan akademik, peluang, rasionalisasi, kemampuan, arogansi dan konformitas teman sebaya pada kategori rendah, sedangkan variabel tekanan pada kategori tinggi. Hasil uji pengaruh menunjukan bahwa peluang dan rasionalisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecurangan akademik, sedangkan tekanan, kemampuan dan arogansi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecurangan akademik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teori fraud pentagon berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik secara simultan. Variabel tekanan, peluang, rasionalisasi, kemampuan dan arogansis secara bersama-sama berpengaruh terhadap kecurangan akademik. Hasil penelitian lainnya, variabel konformitas teman sebaya mampu mempengaruh pengaruh variabel peluang dan kemampuan terhadap kecurangan akademik. Konformitas teman sebaya tidak mampu memperkuar variabel tekanan, rasionalisasi dan arogansi terhadap kecurangan akademik. Saran dari penelitian ini adalah meningkatkan upaya pengawasan ujian, memotivasi mahasiswa untuk lebih memahami dalam menguasai materi pembelajaran, serta membangkitkan rasa percaya diri mahasiswa agar yakin dengan kemampuannya sendiri. Selain itu, bagi peneliti berikutnya diharapkan dapat memperluas ruang lingkup sampel penelitian maupun variabel penelitian, sehingga dapat ditemukan faktor-faktor lain selain yang telah dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecurangan Akademik, Fraud pentagon Theory, Konformitas Teman Sebaya
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:01
Last Modified: 19 Jan 2023 07:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55386

Actions (login required)

View Item View Item