DETERMINAN CARBON EMISSION DISCLOSUREDENGAN INSTITUTIONAL OWNERSHIP SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN DAN SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA DI INDONESIA TAHUN 2018-2020


Mila Anggi Safitri, 7101417195 (2022) DETERMINAN CARBON EMISSION DISCLOSUREDENGAN INSTITUTIONAL OWNERSHIP SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN DAN SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA DI INDONESIA TAHUN 2018-2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417195 - Mila Anggi Safitri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan industri yang cukup pesat di berbagai sektor memberikan dampak positif untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Akan tetapi hal tersebut juga menimbulkan efek negatif seperti pencemaran lingkungan. Menanggapi kasus pencemaran yang sering terjadi, pemerintah telah menetapkan beberapa regulasi terkait upaya pelestarian lingkungan serta menghimbau agar perusahaan mengungkapkan emisi karbon sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh environmental performance, regulator, media exposure, terhadap carbon emission disclosure melalui institutional ownership sebagai variabel moderating. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini merupakan seluruh perusahaan pertambangan serta industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018-2020 yang berjumlah 127 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu hingga di peroleh sampel sebanyak 24 perusahaan dengan data outlier sebanyak 15 unit, sehingga total sampel sebesar 19 perusahaan dengan total unit analisis sebanyak 57 unit. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi dengan menggunakan aplikasi IBM Statistik SPSS 27. Hasil penelitian menujukkan bahwa environmental performance dan media exposure berpengaruh positif dan signifikan terhadap carbon emission disclosure, sedangkan regulator tidak berpengaruh terhadap carbon emission disclosure. Sementara itu, institutional ownership dapat memperkuat pengaruh regulator terhadap carbon emission disclosure. Sebaliknya, institutional ownership tidak dapat memoderasi pengaruh environmental performance dan media exposure terhadap carbon emission disclosure. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa dengan meningkatkan environmental performance serta peran media exposure yang semakin aktif dapat mendorong perusahaan untuk melakukan carbon emission disclosure. Selain itu, adanya institutional ownership dapat memperkuat pengaruh regulator terhadap carbon emission disclosure. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu manajemen diharapkan dapat meningkatkan environmental performance serta terbuka mengenai informasi perusahaan terhadap stakeholder. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel lain yang dapat memengaruhi carbon emission disclosure serta menambahkan periode penelitian untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Carbon Emission Disclosure, Environmental Performance, Regulator, Media Exposure, Institutional Ownership.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:59
Last Modified: 19 Jan 2023 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55385

Actions (login required)

View Item View Item