KESESUAIAN MATERI PADA DUOLINGO UNTUK TUGAS TERSTRUKTUR MATA KULIAH COMPRÉHENSION ORALE PRE INTERMEDIARE
Muhamad Rizky Fauzi, 2301418023 (2022) KESESUAIAN MATERI PADA DUOLINGO UNTUK TUGAS TERSTRUKTUR MATA KULIAH COMPRÉHENSION ORALE PRE INTERMEDIARE. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Duolingo memiliki satu fitur bernama Duolingo Story, yaitu sebuah fitur yang menampilkan sebuah cerita dialog bersuara yang diisi langsung oleh pengisi suara native bahasa yang ingin dipelajarai. Selain itu, pengguna juga bisa mengetahui arti kata yang belum diketahui melalui fitur ini hanya dengan menekan suatu kata yang belum diketahui artinya. Fitur ini dirasa peneliti akan sangat membantu jika digunakan untuk mendukung pembelajaran menyimak. Maka dari itu peneliti tertarik meneliti aplikasi Duolingo untuk diuji kesesuaiannya dengan RPS mata kuliah menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian fitur Duolingo Story pada aplikasi Duolingo dengan RPS Compréhension Orale Pre Intermediaire ditinjau dari segi leksikal dan gramatikal yang dipelajarai untuk dijadikan media tugas terstruktur mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis semester III. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa: (1) dokumen audio (percakapan) pada Duolingo Story (2) transkrip dialog terkait dokumen audio tersebut yang terdapat dalam Duolingo Story dan memiliki kesesuaian dengan RPS Compréhension Orale Pre Intermediaire. Setelah data terkumpul data akan dimasukan kedalam kartu data dan dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 72 set Duolingo Story dengan masing-masing set terdiri dari 4 materi total 288 materi. Terdapat 126 (43,75%) soal yang sesuai baik dari segi leksikal saja, gramatikal saja maupun keduanya. Jumlah ini dirasa peneliti masih kurang jika ingin menjadikan Duolingo sebagai media untuk tugas terstruktur mata kuliah menyimak. Namun demikian Duolingo masih bisa digunakan dalam pembelajaran menyimak sebagai media pengayaan/latihan untuk membantu mahasiswa dalam pembelajaran menyimak.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Duolingo, Kesesuaian, Pembelajaran menyimak |
Subjects: | L Education > Educational Institutions P Language and Literature > PDA French Languages |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 07:04 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55383 |
Actions (login required)
View Item |