PENGARUH KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL, INFORMASI DUNIA KERJA DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA DI SMK NEGERI 2 MAGELANG


Ummi Fathimah, 7101417173 (2022) PENGARUH KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL, INFORMASI DUNIA KERJA DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA DI SMK NEGERI 2 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417173 - Ummi Fathimah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kesiapan kerja merupakan kunci penting bagi siswa di jenjang SMK untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja di masa yang akan datang. SMK memiliki tujuan untuk mempersiapkan siswa agar bekerja dan memiliki pengetahuan serta keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja saat ini. Jumlah lulusan SMKN 2 Magelang yang bekerja mengalami penurunan selama dua tahun terakhir. Kesiapan kerja siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dapat berasal dari faktor internal maupun faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan komunikasi interpersonal, informasi dunia kerja, dan dukungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII di SMKN 2 Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf dengan alat analisis IBM SPSS. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMKN 2 Magelang tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah sampel 198 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional random sampling. Penelitian ini menunjukkan persamaan regresi linier berganda yaitu Y = - 30,778 + 0,180X1 + 0,394X2+ 0,522X3 + e. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan komunikasi interpersonal, informasi dunia kerja, dan dukungan keluarga terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII di SMKN 2 Magelang. Keterampilan komunikasi interpersonal, informasi dunia kerja, dan dukungan keluarga berpengaruh secara simultan terhadap kesiapan kerja sebesar 58,3%, sedangkan sisanya 41,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel yang berpengaruh paling besar secara parsial terhadap kesiapan kerja yaitu variabel informasi dunia kerja sebesar 11,02%, variabel dukungan keluarga berpengaruh sebesar 9,54% dan variabel keterampiln komunikasi interpersonal berpengaruh sebesar 2,65% terhadap kesiapan kerja. Saran dari penelitian ini adalah BKK sekolah harus lebih banyak mengadakan sosialisasi kepada siswa untuk memberikan gambaran tentang dunia kerja agar siswa lebih siap dalam menghadapi dunia kerja di masa yang akan datang. Selain itu, untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa harus lebih aktif dalam berinteraksi dengan berdikusi, memberikan tanggapan dan menyampaikan pendapat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Kerja, Keterampilan Komunikasi Interpersonal, Informasi Dunia Kerja, Dukungan Keluarga
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:54
Last Modified: 19 Jan 2023 06:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55382

Actions (login required)

View Item View Item