ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGIKUTI PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI(PPAK) PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI 2017 dan 2018 (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)


Yunika Migelia Wato, 7101417168 (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGIKUTI PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI(PPAK) PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI 2017 dan 2018 (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417168 - Yunika Migelia Wato.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Observasi awal yang dilakukan pada mahasiswa pendidikan Akuntansi tahun 2017 Fakultas Ekonomi Unnes, diketahui bahwa minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk masih cukup rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi ekonomi,motivasi karir,biaya Pendidikan,lama masa studi dan gender terhadap minat mahasiswa Pendidikan akuntansi mengikuti Pendidikan profesi akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif prodi Pendidikan akuntansi Angkatan 2017 dan 2018 unnes berjumlah 170 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel yang ditetapkan sebanyak 120 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda Hasil penelitian menunjukkan Variabel Motivasi ekonomi berpengaruh positif terhadap minat mengikuti Pendidikan profesi akuntansi. Sedangkan variable motivasi karir,biaya Pendidikan,lama masa studi,gender tidak berpengaruh terhadap minat mengikuti Pendidikan profesi akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi ekonomi dapat mempengaruhi minat mahasiswa mengikuti Pendidikan profesi akuntansi,sedangkan variable motivasi karir,biaya Pendidikan,lama masa studi, dan gender tidak mempengaruhi minat mahasiswa mengikuti Pendidikan profesi akuntansi. Saran dari penelitian ini dapat memberikan masukan bagi peneliti selanjutnya untuk lebih memperluas sampel penulisan dan dapat menggunakan factor-faktor lain yang berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti Pendidikan profesi akuntansi (PPAk) dengan mempertimbangkan keterbatasan yang ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat mengikuti PPAk,motivasi ekonomi,motivasi karir,biaya Pendidikan, lama masa studi,gender
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:51
Last Modified: 19 Jan 2023 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55381

Actions (login required)

View Item View Item