PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN GAYA HIDUP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018)


DANU DWI ARDIANSYAH, 7101417129 (2022) PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN GAYA HIDUP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417129 - Danu Dwi Ardiansyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan suatu perilaku yang dilakukan seseorang untuk membeli suatu barang dan jasa yang lebih mementingkan keinginan dari pada kebutuhan dan seseorang cenderung mengkonsumsi barang secara berlebihan. Perilaku konsumtif dapat terjadi kepada semua orang, termasuk mahasiswa, apalagi mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat yang amat dekat dengan pengaruh perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kelompok teman sebaya dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif dengan gaya hidup sebagai variabel intervening. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 yang berjumlah 120 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yang dipilih dengan sampel jenuh dengan menggunakan seluruh populasi sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi, analisis jalur dan uji sobel. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa perilaku konsumtif, kelompok teman sebaya, kontrol diri, dan gaya hidup termasuk kedalam kategori yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Kontrol diri tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Kelompok teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap media gaya hidup. Kontrol diri tidak berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup. Gaya hidup tidak dapat memediasi pengaruh kelompok teman sebaya dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif. Simpulan penelitian ini kelompok teman sebaya berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, sedangkan kontrol diri dan gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Gaya hidup tidak dapat memediasi kelompok teman sebaya dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif. Saran dari penelitian ini adalah mahasiswa diharapkan dapat menerapkan pengetahuan tentang kelompok teman sebaya dalam kehidupan sehari-hari sehingga mahasiswa dapat mengendalikan diri dan bisa mengelola keuangannya dengan baik, mahasiswa diharapkan bisa mengatur kehidupannya dengan mengalihkan waktunya untuk hal�hal yang lebih positif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelompok Teman sebaya, Kontrol diri, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:45
Last Modified: 19 Jan 2023 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55378

Actions (login required)

View Item View Item