PENGARUH KUALITAS SISTEM TERHADAP MANFAAT BERSIH SISKEUDES : KUALITAS INFORMASI DAN KEPUASAN PENGGUNA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PEMERINTAH DESA SE-KABUPATEN SEMARANG)


Dedy Prayogo, 7101417027 (2022) PENGARUH KUALITAS SISTEM TERHADAP MANFAAT BERSIH SISKEUDES : KUALITAS INFORMASI DAN KEPUASAN PENGGUNA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PEMERINTAH DESA SE-KABUPATEN SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417027 - Dedy Prayogo.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Hadirnya Siskeudes dirancang untuk memudahkan perangkat desa dalam mengadministrasikan Dana Desa secara akuntabel mulai dari perencanaan, penatausahaan sampai pelaporan sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri No. 20 Tahun 2018. Dalam pelaksanaanya Siskeudes dapat memudahkan aparat desa dalam pelaporan dana APBDes. Maka dari itu penelitian ini menguji model kausalitas antara variabel-variabel determinan manfaat bersih berbasis model kesuksesan sistem Delone & McLean (1992). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi desa yang terdapat di Kabupaten Semarang sebanyak 208 desa, dengan sampel yang diambil sebanyak 68 desa melalui rumus slovin dengan taraf error 10%. Variabel dalam penelitian adalah kualitas sistem sebagai variabel independen, kualitas informasi, kepuasan pengguna dan manfaat bersih sebagai variabel dependen. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan jumlah 29 item pertanyaan. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik dengan menggunakan analisis lima kriteria dan menggunakan SEM dengan software WarpPLS 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kualitas sistem berpengaruh terhadap kualitas informasi; kualitas informasi dan kualitas sistem berpengaruh terhadap kepuasan pengguna; kualitas sistem, kepuasan pengguna, dan kualitas informasi berpengaruh terhadap manfaat bersih; kualitas informasi dapat memediasi kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna; kualitas informasi dapat memediasi kualitas sistem terhadap manfaat bersih; kepuasan pengguna dapat memediasi kualitas sistem terhadap manfaat bersih; kepuasan pengguna dapat memediasi pengaruh kualitas informasi terhadap manfaat bersih; dan secara simultan kualitas informasi dan kepuasan pengguna tidak dapat memediasi pengaruh kualitas sistem terhadap manfaat bersih. Berdasarkan hasil penelitian diatas, operator seharusnya dapat memanfaatkan bimbingan teknis (bimtek) yang ada untuk meningkatkan diri dalam penguasaan penggunaan Siskeudes. Kemudia pemerintah dan kementerian terkait perlu melakukan memonitoring untuk menjamin mutu sistem agar tidak bermasalah dan lebih baik lagi supaya berjalan dengan lancar. Pemerintah juga harus melakukan pembekalan kepada operator terkait perubahan regulasi atau pada sistem maupun pelaporan melalui sistem Siskeudes. Saran penelitian selanjutnya yaitu pada peneliti selanjutnya dapat mengembangkan kembali variabel maupun konstruk lain yang belum sempat peneliti teliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kepuasan Pengguna, Manfaat Bersih, Siskeudes, Operator.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:31
Last Modified: 19 Jan 2023 06:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55373

Actions (login required)

View Item View Item