PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi pada Siswa Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang Tahun 2021)


Erna Muthi’atul Khoiroh, 7101417019 (2022) PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi pada Siswa Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang Tahun 2021). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417019 - Erna Muthi'atul Khoiroh.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan tingka laku pada individu yang dapat diukur dan diamati dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tingkat hasil belajar yang diperoleh setiap siswa berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu motivasi dan lingkungan keluarga siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh motivasi dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pada siswa Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Pangudi Luhur Tarcisius Semarang angkatan tahun 2021 sebanyak 245 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan jenis teknik simple random sampling diperoleh 152 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi, lingkungan keluarga, dan hasil belajar dalam kategori cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukkan berpengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap hasil belajar siswa dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Simpulan penelitian ini adalah motivasi dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Saran untuk meningkatkan hasil belajar adalah siswa diharapkan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan menjalin hubungan baik dengan teman maupun guru agar tertanam pada diri siswa. Selain itu guru diharapkan dapat selalu memberikan dorongan kepada siswa untuk menekuni belajarnya dan meningkatkan metode pembelajaran yang digunakan. Serta keluarga diharapkan mampu menciptakan suasana rumah yang nyaman, memperhatikan dan mengembangkan sikap belajar anak ke arah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivation, Family Environment, and Learning Outcomes.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:28
Last Modified: 19 Jan 2023 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55372

Actions (login required)

View Item View Item