PENGARUH TINGKAT LITERASI LINGKUNGAN TERHADAP ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITYMAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Zacky Setiawan Saputra, 3201418071 (2022) PENGARUH TINGKAT LITERASI LINGKUNGAN TERHADAP ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITYMAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201418071- Zacky Setiawan Saputra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Masalah lingkungan menjadi isu yang dominan mengikuti gaya hidup manusia yang semakin konsumtif. Akibat dari rusaknya lingkungan dapat menimbulkan perubahan iklim global, kekurangan pangan dan air, serta bencana alam hidrometeorologi ekstrem. Sebagai upaya mengurangi laju kerusakan lingkungan maka diperlukan tingkat literasi lingkungan dan environmental responsibility yang tinggi terutama pada mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai calon pendidik yang akan menjadi role model saat kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengukur pengaruh antara literasi lingkungan terhadap environmental responsibility mahasiswa program studi Pendidikan Geografi UNNES. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan ialah variabel literasi lingkungan yang terdiri dari indikator pengetahuan, kompetensi, afektif, dan perilaku, serta variabel environmental responsibility. Penelitian ini terdiri dari 168 sampel mahasiswa Pendidikan Geografi UNNES semester 4, 6, dan 8 yang diambil melalui metode proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif statistik dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa mahasiswa program studi Pendidikan Geografi UNNES memiliki tingkat literasi lingkungan dan environmental responsibility pada kategori sedang dengan nilai masing-masing sebesar 50,86 dan 82,04. Berdasarkan analisis regresi linier berganda, variabel literasi lingkungan memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel environmental responsibility dengan persentase pengaruh sebesar 30,3%. Secara pasial diketahui bahwa indikator pengetahuan dan afektif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap environmental responsibility, sedangkan indikator kompetensi dan perilaku tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap environmental responsibility. Saran pada penelitian ini ditujukan kepada beberapa pihak. Bagi mahasiswa perlu meningkatkan minatnya terhadap isu-isu lingkungan dalam kehidupan seharihari, sehingga dapat membentuk kebiasaan terkait kepedulian terhadap lingkungan secara berkelanjutan dalam jangka panjang. Bagi Jurusan Geografi UNNES diharapkan dapat mengevaluasi, menciptakan, serta mengembangkan kembali kebijakan terkait lingkungan hidup di kampus. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi dasar acuan untuk dilakukan penelitian selanjutnya. Sehingga didapatkan hasil penelitian yang memberikan solusi terhadap upaya meningkatkan literasi lingkungan dan environmental responsibility.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Lingkungan, Environmental Responsibility, Mahasiswa Pendidikan Geografi
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:33
Last Modified: 19 Jan 2023 06:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55371

Actions (login required)

View Item View Item