EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA QR FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI MAN 1 KOTA SEMARANG


Bima Novian Kristianto, 3201418067 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA QR FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI MAN 1 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201418067 - Bima Novian Kristianto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan untuk saat ini mengalami perkembangan dalam konsep didalamnya yang semakin luas ditandai melalui adanya pendidikan 4.0. Pembelajaran berbasis pendidikan 4.0 dapat diterapkan didalam seluruh kegiatan mata pembelajaran di sekolah termasuk pembelajaran geografi yang merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki cakupan karakteristik materi yang luas, beragam, dan terbaharukan untuk dipelajari oleh siswa maka dari itu diperlukannya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi yang dapat menyesuaikan dengan karakteristik materi tersebut. Namun implementasi pendidikan 4.0 dalam pembelajaran geografi di MAN 1 Kota Semarang terbilang belum diterapkan dengan baik dilihat dari kegiatan pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran ceramah, sumber belajar secara konvensional, penggunaan media pembelajaran secara terbatas sehingga berpengaruh terhadap ketuntasan kompetensi hasil belajar yang rendah dan belum tuntas KKM. Berdasarkan masalah tersebut maka diperlukannya pembelajaran geografi melalui media pembelajaran berbasis digital sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi diera pendidikan 4.0 dimana media yang digunakan dalam penelitian ini adalah QR Flashcard. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media QR Flashcard dalam pembelajaran geografi, dan mengetahui efektivitas penggunaan media QR Flashcard dalam pembelajaran geografi di MAN 1 Kota Semarang. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN 1 Kota Semarang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Random Sampling dengan kelas yang diteliti yaitu kelas XI IPS 2 berjumlah 35 siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas X IPS 3 berjumlah 35 sebagai kelas Kontrol. Variabel penelitan meliputi hasil belajar siswa, aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, dan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, kuesioner, dan observasi Teknik analisis data melalui uji homogenitas, uji normalitas, uji T-test, dan statistik deskriptif. Secara keseluruhan melalui penggunaan media QR Flashcard dalam Pembelajaran geografi materi mitigasi bencana banjir menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat dikatakan termasuk efektif dilihat dari capaian hasil belajar, aktivitas belajar siswa, dan respon positif siswa yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif, Independent T-Test dan yang menunjukan capaian hasil data yang tinggi daripada capaian data pada kelas kontrol yang tidak menggunakan media QR Flashcard Saran, media pembelajaran QR Flashcard berbasis teknologi digital perlu untuk dikembangkan lagi dengan optimal melalui memperbaiki segala segi kekurangan yang dimiliki seperti meningkatkan kualitas bahan kartu, cetakan media, kerapihan desain tampilan dan pembaharuan sumber bahan ajar yang ada didalam website agar selalu dapat menampilkan materi pembelajaran materi geografi yang lebih luas, terbaharukan, mendetail dan menarik bagi siswa dalam kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media QR Flashcard, Geografi
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:14
Last Modified: 19 Jan 2023 06:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55370

Actions (login required)

View Item View Item