PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN MANDIRI KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS TINGKAT MENENGAH


Anton Suseno, 2301415026 (2022) PENGEMBANGAN MODUL MEMBACA PEMAHAMAN UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN MANDIRI KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA PRANCIS TINGKAT MENENGAH. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2301415026 - Anton Suseno.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) sangat mudah untuk masuk ke dalam aspek kehidupan manusia, khususnya internet. Salah satu fasilitas di internet yang dapat diakses dengan mudah adalah situs atau website. Banyak situs atau website yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran. Salah satunya adalah iletaitunehistoire.com yang di dalamnya terdapat berbagai bacaan bahasa Prancis yang dapat didesain menjadi modul belajar mandiri untuk keterampilan membaca pemahaman bahasa Prancis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan dosen dan mahasiswa tingkat menengah terhadap modul membaca pemahaman serta mengembangkan modul membaca pemahaman bahasa Prancis sebagai modul pembelajaran mandiri untuk menunjang pembelajaran keterampilan membaca pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode Researche and Development (R&D). Terdapat sepuluh langkah yang harus dilakukan, namun penelitian ini hanya menggunakan lima langkah, yaitu merumuskan potensi dan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi desain produk dan revisi desain. Kelima langkah tersebut digunakan untuk membuat modul membaca pemahaman bahasa Prancis. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan angket analisis kebutuhan dosen dan mahasiswa diketahui bahwa modul membaca pemahaman bahasa Prancis diperlukan untuk menunjang belajar mandiri mahasiswa. Setelah itu peneliti mengembangkan produk berupa modul yang berisi yang diambil dari situs iletaitunehistoire.com, kosakata baru dan terjemahan, serta latihan soal. Modul tersebut mengacu pada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) matakuliah français ecrit intermédiaire untuk mahasiswa tingkat menengah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, modul, pembelajaran mandiri
Subjects: L Education > Educational Institutions
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:36
Last Modified: 05 Apr 2024 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55369

Actions (login required)

View Item View Item