PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL MELALUI SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2017
Muhammad Qifthirul Anis Syauq, 7101416231 (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL MELALUI SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG ANGKATAN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Minat berwirausaha adalah suatu aktivitas pilihan seseorang yang dipilih karena ketertarikan dan kesenangan dalam diri terhadap dunia kewirausahaan dan kegiatan wirausaha berserta risiko-risiko yang akan dihadapinya. Minat berwirausaha dapat didukung dengan adanya pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, penggunaan media sosial dan self efficacy. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha melalui self efficacy sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah 272 mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNNES angkatan 2017 yang terdiri dari tiga progam studi yaitu Pendidikan Koperasi, Pendidikan Administrasi Perkantoran dan Pendidikan Akuntansi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan rumus Slovin dan menghasilkan sampel sebanyak 162 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNNES angkatan 2017 dalam kategori tinggi, pendidikan kewirausahaan dalam kategori mendukung, lingkungan keluarga dalam kategori baik, penggunaan media sosial dalam kategori mendukung dan self efficacy dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga serta self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, sedangkan penggunaan media sosial tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Pendidikan kewirausahaan dan penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap self efficacy, sedangkan lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap self efficacy. Pendidikan kewirausahaan dan penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha melalui self efficacy, sedangkan lingkungan keluarga tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha melalui self efficacy. Saran yang diberikan yaitu mahasiswa harus lebih percaya diri dan bersungguh-sungguh meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, tidak takut mengambil resiko serta jiwa pantang menyerah menghadapi masalah-masalah dalam bidang berwirausaha agar nantinya menjadi seorang wirausahawan yang berkembang dan sukses
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Penggunaan Media Sosial, Self Efficacy, Minat Berwirausaha |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 04:26 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 04:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55366 |
Actions (login required)
View Item |