PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PROBLEM BASED LEARNING DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NU LASEM KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG
Hidayah Nur Faisah, 7101416196 (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PROBLEM BASED LEARNING DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NU LASEM KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Komunikasi merupakan interaksi yang dilakukan antara pemberi pesan dengan penerima pesan untuk memperoleh interpretasi yang sama. Komunikasi diperlukan dalam membantu kegiatan belajar lebih optimal supaya tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan dapat dicapai secara maksimal. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh motivasi belajar, problem based learning, dan kepercayaan diri terhadap keterampilan komunikasi interpersonal siswa jurusan administrasi perkantoran di SMK NU Lasem. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar problem based learning, dan kepercayaan diri terhadap keterampilan komunikasi interpersonal siswa jurusan administrasi perkantoran di SMK NU Lasem secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian kuantitatif, popuasi adalah siswa kelas X, XI, XII AP di SMK NU Lasem yang berjumlah 107 siswa dan sejumlah 84 yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar, problem based learning, kepercayaan diri, dan komunikasi interpersonal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis uji hipotesis dan analisis deskriptif presentase dengan bantuan program SPSS. Hasil dari analisis regresi berganda penelitian in yaitu Y= 2,050+0,203X1+ 0,288X2+0,528X3. Ada pengaruh secara simultan sebesar 47%. sedangkan pengaruh secara parsial untuk motivasai belajar sebesar 5,9%, problem based learning 6,3% dan kepercayaan diri sebesar 14,51%. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh motivasi belajar, problem based learning, dan kepercayaan diri terhadap keterampilan komunikasi interpersonal siswa jurusan administrasi perkantoran di SMK NU Lasem secara simultan maupun parsial. Saran Siswa dapat meningkatkan intensitas untuk berpendapat dengan cara membentuk grup diskusi dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan menumbuhkan rasa percaya diri, orang tua disarankan untuk mendukung kegiatan belajar siswa ketika dirumah dengan menumbuhkan lingkungan yang kondusif dan memberikan motivasi kepada anak serta tidak mengekang kebebasan anak dalam mengutarakan pemikiran yang dimiliki, guru disarankan dapat memberikan dorongan dan motivasi ketika pembelajaran dan memberikan kesempatan setiap anak untuk berpendapat secara bergantian
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Kepercayaan Diri, Dan Komunikasi Interpersonal. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 04:21 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 04:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55362 |
Actions (login required)
View Item |