PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNA, KEGUNAAN PENGGUNA, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT TEAMS PADA SISWA OTKP DI SMK NEGERI 2 SEMARANG


Bayu Aji Nugroho, 7101416137 (2022) PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNA, KEGUNAAN PENGGUNA, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAYANAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT TEAMS PADA SISWA OTKP DI SMK NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101416137 - Bayu Aji Nugroho.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Layanan pembelajaran berbasis sistem informasi merupakan proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi, dengan kemajuan teknnologi sekarang pembelajaran yang harusnya dilaksnakan secara tatap muka mengharuskan dilaksanakan secara jarak jauh, untuk itu pemanfaatan dan pengelolaan teknologi penting serta perlu dilakukan untuk menunjang agar tetap terlaksanakannya pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian inin adalah masih terdapat kendala dalam melakasanakan pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi covid-19 yang menggunakan aplikasi microsoft teams terhadap kualitas layanan pembelajaran di SMK Negeri 2 Semarang, hal ini dibuktikkan melalui agket penelitian pendahuluan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kemudahan pengguna, kegunaan pengguna, dan kualitas informasi terhadap kualitas layanan microsoft teams di SMK Negeri 2 Semarang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X, XI dan XII di SMK Negeri 2 Semarang yang berjumlah 250 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling, sehingga hanya 125 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, kuisioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda adalah Y = 5,719 + 0,347X1 + 0,193X2 + 0,475X3 + e. Hasil menunjukkan bahwa kemudahan pengguna, kegunaan pengguna, dan kualitas informasi berpengaruh potitif secara simultan terhadap kualiatas layanan pembelajaran microsoft teams di SMK Negeri 2 Semarang sebesar 75,8%. Pengaruh paling besar diberikan oleh variabel kualitas informasi yaitu sebesar 24,50%, sedangkan variabel kemudahan pengguna berpengaruh sebesar 13,32% dan pengaruh paling kecil diberikan oleh variabel kegunaan pengguna yaitu sebesar 5,95%. Simpulan dari penelititan ini adalah ada pengaruh kemudahan pengguna, kegunaan pengguna, dan kualitas informasi terhadap kualitas layanan pembelajaran microsoft teams di SMK Negeri 2 Semarang. Saran dalam penelitian ini adalah kemudahan pengguna dalam sosialiasasi mengoperasikan microsoft teams perlu ditingkatkan lagi, kegunaan pengguna hendaknya dilakukan edukasi kegunaan fitur dalam menggunakan microsoft teams dan penyajian informasi yang aktual serta relevan untuk pembelajaran jarak jauh

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemudahan Pengguna, Kegunaan Pengguna, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:17
Last Modified: 19 Jan 2023 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55361

Actions (login required)

View Item View Item