EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA PERANCIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 TEGAL


Leina Rifqi, 2301415016 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA PERANCIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 TEGAL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2301415001 - Farida Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berbicara adalah suatu kegiatan yang tidak hanya sekedar menggerakan bibir saja, melainkan mengucapkan kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Sedangkan keterampilan berbicara adalah suatu keahlian ataupun kemampuan dari seseorang dalam menyampaikan informasi yang dilakukan secara lisan agar dapat dipahami dengan mudah oleh orang lain atau lawan bicaranya. Faktor berbicara dengan baik dan benar salah satunya adalah pembicara harus paham dan jelas dalam menyampaikan kata-kata sesuai dengan tema yang dibicarakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas pneggunaan pembelajaran kooperatif metode Student Teams Achievement Divisoin (STAD) untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Prancis siswa kelas X SMA Negeri 3 Tegal. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Tegal tahun ajaran 2021/2022, sedangkan sampel pada penelitian ini menggunakan kuota random sampel dengan kuota 1 kelas dan diambil secara random maka keluarlah kelas X MIPA 4 SMA Negeri 3 Tegal yang berjumlah 36 siswa. Dalam penelitian ini instrumen penelitian yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes kemampuan berbicara bahasa Prancis berupa tes lisan baik pre-test maupun post-test. Rumus hitung Uji-t digunakan untuk mngetahui tingkat signifikansi tes keterampilan berbicara serta untuk menganalisis data Hasil analisis berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa : (1) kemampuan atau keterampilan berbicara siswa mengalami kenaikan yang cukup signifikan dengan nilai rata-rata Pre-test adalah sebesar 52,25 kemudian setelah dilakukan perlakuan metode STAD nilai rata-rata Post-test adalah sebesar 75,34. (2) terdapat perbedaan yang signifikan atau tingkat keefektivan dalam keterampilan berbicara bahasa Prancis, dengan nilai hasil t-hitung yaitu 19,41 lebih besar dibandingkan dengan t-tabel yaitu 2,029.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Prancis, berbicara, pembelajaran kooperatif, metode STAD
Subjects: L Education > Educational Institutions
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:06
Last Modified: 05 Apr 2024 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55356

Actions (login required)

View Item View Item