PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, FASILITAS KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP PENGELOLAAN ARSIP DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PEMALANG


Riris Ristin Ningrum, 7101415051 (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, FASILITAS KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP PENGELOLAAN ARSIP DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101415051 - RIRIS RISTIN NINGRUM.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Arsip merupakan susunan surat atau warkat yang disimpan secara sistematis melalui penciptaan penggunaan, pemiliharaan, penyusutan guna mencapai tujuan organisasi dan pertimbangan pengambilan keputusan yang didukung oleh beberapa faktor diantaranya kompetensi pegawai, fasilitas kerja, dan lingkungan kerja fisik yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kompetensi kerja, fasilitas pegawai, dan lingkungan kerja fisik terhadap pengelolaan arsip di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bidang kerja pegawai sejumlah 149 pegawai, dengan pengambilan sampel sebanyak 30 pegawai. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Non Probability Sampling dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan analisis deskriptif presentase. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = -0,229 + 0,554X1 + 0,622X2 + 0,158X3 + e. Hasil uji F diperoleh dengan nilai 0,000 yang menunjukkan adanya pengaruh simultan dan signifikan antara kompetensi pegawai, fasilitas kerja, dan lingkungan kerja fisik terhadap pengelolaan arsip yaitu sebesar 76,9%. Sedangkan pengaruh parsial untuk kompetensi pegawai 38%, fasilitas kerja 18,4%, dan lingkungan kerja fisik 6,3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pegawai, fasilitas kerja, dan lingkungan kerja fisik terhadap pengelolaan arsip di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pemalang baik secara simultan maupun parsial. Sarannya adalah pegawai hendaknya lebih banyak diberikan diklat untuk menunjang kemampuan dalam bekerja. Selain itu, fasilitas kerja pegawai hendaknya dilengkapi, guna dalam mempermudah pekerjaan pegawai. Kemudian perlu menambahkan sirkulasi udara agar lebih segar, dan memberikan kenyamanan dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Kerja, Kompetensi Pegawai, Lingkungan Kerja Fisik, Pengelolaan Arsip
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:40
Last Modified: 19 Jan 2023 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55353

Actions (login required)

View Item View Item