EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING MELALUI MEDIA BULLETIN BOARD DISPLAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI DI GUGUS GAJAHMADA KABUPATEN BATANG


Afifah Nurul Aeni, 1401418254 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING MELALUI MEDIA BULLETIN BOARD DISPLAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI DI GUGUS GAJAHMADA KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418254 - Afifah Nurul Aeni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

. Pelaksanaan pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri di Gugus Gajahmada Kabupaten Batang sudah menggunakan model pembelajaran yang bervariasi seperti problem based learning dan discovery learning, namun sintaks model pembelajaran yang digunakan belum terlihat dan proses diskusi belum melibatkan siswa secara aktif. Hal ini didukung dengan hasil belajar muatan pelajaran IPA siswa kelas IV yang belum mencapai KKM dengan persentase 52%. Pada kegiatan pembelajaran ditemui juga rendahnya aktifitas siswa selama proses pembelajaran. Hal ini perlu diberikan perlakuan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping melalui media bulletin board display. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji efektivitas model pembelajaran mind mapping melalui media bulletin board display untuk meningkatkan hasil belajar muatan pelajaran IPA dan mendeskripsikan aktivitas siswa selama pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen, dengan jenis desain yang digunakan yaitu quasi eksperimental bentuk nonequivalent control group design. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 80,16 dan kelas kontrol sebesar 72,56. Hasil rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol (0,38 > 0,10), hal tersebut termasuk kategori sedang. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa > (2,778 > 2,011) artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Peneliti melakukan observasi melalui lembar pengamatan aktivitas siswa selama 4 pertemuan pada kelas eksperimen menunujukkan rata-rata sebesar 77% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping melalui media bulletin board display efektif diterapkan pada pembelajaran muatan pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Di Gugus Gajahmada Kabupaten Batang dibandingkan dengan model konvensional. Saran pada pelaksanaan model pembelajaran mind mapping, guru hendaknya melakukan persiapan terlebih dahulu dengan memahami materi, mampu berperan sebagai fasilitator dan motivator dalam kegiatan diskusi, dan menyusun perencanaan pembelajaran yang lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas siswa, mind mapping, bulletin board display, hasil belajar, IPA.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:25
Last Modified: 19 Jan 2023 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55349

Actions (login required)

View Item View Item