HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC SELF EFFICACY DENGAN INTEGRITAS AKADEMIK PADA MAHASISWA BIDIKMISI YANG MELAKUKAN PERKULIAHAN SECARA DARING


Sinta Ratnawati, 1511418063 (2022) HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC SELF EFFICACY DENGAN INTEGRITAS AKADEMIK PADA MAHASISWA BIDIKMISI YANG MELAKUKAN PERKULIAHAN SECARA DARING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511418063 - Sinta Ratnawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Integritas akademik merupakan suatu komitmen mahasiswa untuk menjunjung tinggi idealisme dalam akademik serta melakukan tindakan-tindakan yang etis dan positif sesuai dengan peraturan dan norma-norma akademik, agar tercipta situasi akademik yang baik. Untuk menjadi mahasiswa yang berintegritas tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya keyakinan mahasiswa akan kemampuan dirinya untuk menjalankan kehidupan akademik serta menyelesaikan tugas-tugas akademik yang diberikan dengan baik, ini disebut academic self efficacy. Penelitian ini bertujuan tujuan untuk mencari tahu apakah terdapat hubungan antara academic self efficacy dengan integritas akademik pada mahasiswa, khususnya mahasiswa bidikmisi, yang mana selain belajar mereka juga memiliki beberapa tuntutan untuk dapat mempertahankan beasiswa yang didapatkan. Penelitian kuantitatif korelasional ini melibatkan sampel 261 mahasiswa bidikmisi dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES. Data penelitian diperoleh melalui skala integritas akademik dan skala academic self efficacy yang peneliti adopsi dari peneliti sebelumnya. Metode analisis data penelitian menggunakan teknik korelasi pearson dengan bantuan aplikasi pengolah data. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.541 dengan signifikansi sebesar 0.000 (p 0.000 < 0.05). Artinya, terdapat hubungan yang positif antara academic self efficacy dengan integritas akademik pada mahasiswa bidikmisi yang melakukan perkuliahan secara daring. Apabila academic self efficacy pada mahasiswa tinggi maka integritas akademik mereka juga tinggi, begitu pula sebaliknya. Dengan integritas akademik mahasiswa yang meningkat di era yang penuh tantangan seperti saat ini akan membantu menciptakan lingkungan belajar yang positif, dan hal tersebut akan berdampak pada hasil. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi mahasiswa untuk berintegritas, serta bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian terkait integritas akademik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Integritas akademik, Academic self-efficacy, Pembelajaran daring
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:02
Last Modified: 19 Jan 2023 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55343

Actions (login required)

View Item View Item