HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN SELF EFFICACY DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA SMK NEGERI 3 MAGELANG


Muhammad Hafizh Hakim, 1511418058 (2022) HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN SELF EFFICACY DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA SMK NEGERI 3 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511418058 - Muhammad Hafizh Hakim.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mutu pendidikan di Indonesia masih relatif rendah. Rendahnya mutu pendidikan tersebut berdampak terhadap rendahnya daya saing sumber daya manusia Indonesia. Hal tersebut juga berkaitan dengan prestasi akademik pada siswa. Menurut rilis terbaru dari World Educational Forum yang berada di bawah naungan PBB menempatkan Indonesia pada posisi 69 dari 76 negara. Sedangkan The Learning Curve Indonesia berada pada posisi 40 dari 40 negara yang disurvei. Sementara itu, hasil survei TIMS and Pirls menempatkan Indonesia pada posisi 40 dari 42 negara, serta World Literacy merangking Indonesia di urutan 60 dari 62 negara pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara selfregulated learning dan self efficacy pada siswa SMK Negeri 3 Magelang. Penelitian kuantitatif korelasional ini melibatkan 302 siswa SMK Negeri 3 Magelang sebagai sampel yang diambil berdasarkan teknik sampling cluster random sampling. Data penelitian ini diperoleh melalui skala self-regulated learning dan skala self efficacy yang peneliti rancang menggunakan indikator dari dari tokoh terdahulu serta melalui data nilai rapot dari siswa SMK Negeri 3 Magelang. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi liniear berganda dengan menggunakan program pengolah data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai F sebesar 13,316 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05), sehingga hipotesis yang berbunyi “terdapat hubungan yang signifikan antara selfregulated learning dan self efficacy dengan prestasi akademik siswa SMK Negeri 3 Magelang” diterima. Artinya self regulated learning dan self efficacy secara bersama-sama memiliki hubungan dengan prestasi akademik. Hubungan tersebut bersifat positif, yang artinya semakin tinggi self-regulated learning dan self efficacy yang dimiliki oleh siswa maka prestasi akademik siswa akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning, Self Efficacy, Prestasi Akademik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:49
Last Modified: 19 Jan 2023 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55342

Actions (login required)

View Item View Item