HUBUNGAN ANTARA THE BIG FIVE PERSONALITY DENGAN ACADEMIC BUOYANCY PADA MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING


Imam Maulana, 1511418040 (2022) HUBUNGAN ANTARA THE BIG FIVE PERSONALITY DENGAN ACADEMIC BUOYANCY PADA MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511418040 - Imam Maulana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Transformasi pembelajaran menjadi daring memunculkan berbagai masalah akademik. Pelajar banyak terkendala oleh kurangnya fasilitas seperti ketersediaan gadget, kuota dan jaringan internet. Para Pengajar yang belum cakap teknologi juga sulit mengaplikasikan pembelajaran daring secara optimal. Kondisi tersebut dapat memperlebar gap performa akademik hingga memunculkan dampak negatif, seperti penurunan motivasi dan engagement, serta peningkatan stres akademik. Dinamika tersebut terjadi juga pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang mengikuti perkuliahan daring selama ±2 tahun, sehingga dibutuhkan academic buoyancy sebagai kemampuan mengatasi tantangan akademik sehari-hari untuk mempercepat adaptasi. Academic buoyancy dipengaruhi 5 faktor. Salah satunya personality. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan the big five personality dengan academic buoyancy mahasiswa dalam pembelajaran daring untuk menggambarkannya dari perspektif the big five personality sebagai bahan evaluasi performa akademik. Penelitian ini berjenis kuantitatif korelasional dengan teknik pearson correlation antara the big five personality terhadap academic buoyancy. Instrumen menggunakan skala big five inventory (BFI) dan academic buoyancy. Populasi terdiri atas 24.242 Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Teknik sampling memakai proportionate stratified cluster random sampling untuk “344” sampel dari mahasiswa 8 jurusan dengan 4 fakultas terpilih. Hasil penelitian menunjukkan the big five personality berkorelasi signifikan (p < 0.01) dengan academic buoyancy. Conscientiousness berkorelasi tinggi dengan r = 0.679 terhadap academic buoyancy, kemudian diikuti agreeableness, openness dan extraversion berturut-turut dengan r = 0.393; 0.334; 0.331. Adapun korelasi negatif ditunjukan neurotism sebesar r = –0.139. Diketahui juga conscientiousness, agreeableness, openness, extraversion, neurotism beturut-turut memiliki taraf tinggi; tinggi; sedang cenderung tinggi; sedang cenderung tinggi. Adapun academic buoyancy mahasiswa berada pada taraf sedang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: personality, academic buoyancy, mahasiswa, pembelajaran daring.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 19 Jan 2023 01:55
Last Modified: 19 Jan 2023 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55335

Actions (login required)

View Item View Item