HUBUNGAN ANTARA BODY DISSATISFACTION DENGAN PERILAKU DIET PADA WANITA DEWASA DI NUTRITION CLUB CANTIKA FIT HERBALIFE CIREBON


Afida Sri Mulyani, 1511418006 (2022) HUBUNGAN ANTARA BODY DISSATISFACTION DENGAN PERILAKU DIET PADA WANITA DEWASA DI NUTRITION CLUB CANTIKA FIT HERBALIFE CIREBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511418006 - Afida Sri Mulyani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Adanya standar kecantikan di masyarakat yang menganggap wanita cantik adalah wanita yang memiliki bentuk tubuh yang kurus dan langsing adalah salah satu faktor yang memicu munculnya ketidakpuasan tubuh atau body dissatisfaction pada wanita dewasa. Untuk mewujudkan standar kecantikan yang sesuai dengan anggapan masyarakat, tak jarang wanita dewasa melakukan diet sebagai usaha membentuk tubuh dan penampilannya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara body dissatisfaction dan perilaku diet pada wanita dewasa di Nutrition Club Cantika Fit Herbalife Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah wanita dewasa di Nutrition Club Cantika Fit Herbalife Cirebon dengan pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, dengan karakteristik wanita dewasa yang berusia 18- 65 tahun, sedang melakukan diet penurunan berat badan, dan menjadi customer aktif di Nutrition Club Cantika Fit Herbalife Cirebon. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi, yaitu skala perilaku diet yang terdiri dari 14 item valid dan skala body dissatisfaction terdiri dari 25 item yang dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas skala perilaku diet sebesar 0,686 dan hasil uji reliabilitas body dissatisfaction sebesar 0,810. Data dianalisis menggunakan teknik korelasi Spearman. Berdasarkan uji hipotesis, menunjukkan R= -0,006 dengan signifikansi 0,959. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara body dissatisfaction dan perilaku diet, dan hipotesis ditolak. Artinya perilaku diet tidak hanya dipengaruhi oleh body dissatisfaction, dan diperlukan penelitian lanjutan untuk menganalisa lebih lanjut terkait faktor lain yang berkaitan dengan perilaku diet. Secara deskriptif diperoleh gambaran umum perilaku diet pada kategori sedang (92%) dan gambaran umum body dissatisfaction dalam kategori sedang (92,2%).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Body Dissatisfaction, Perilaku Diet, Wanita Dewasa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:55
Last Modified: 18 Jan 2023 08:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55325

Actions (login required)

View Item View Item