HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN KECEMASAN PRAKTIK MENGHAFAL SURAH AL-QUR’AN PADA SISWA MAN PURWOREJO DALAM PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADIST


Lilis Kurniawati, 1511418001 (2022) HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN KECEMASAN PRAKTIK MENGHAFAL SURAH AL-QUR’AN PADA SISWA MAN PURWOREJO DALAM PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADIST. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511418001 - Lilis Kurniawati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kecemasan menghafal surah Al-Qur’an adalah suatu respon tubuh seperti perasaan tertekan, takut, stres karena adanya aktivitas dalam menghafal surah AlQur’an yang ditandai oleh perasaan dan gejala-gejala tertentu yang timbul. Akibatnya, siswa akan mengalami kesulitan dalam praktik menghafal sehingga berakibat pada hafalan yang kurang optimal serta hasil penilaian yang kurang maksimal. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memiliki keyakinan terhadap diri untuk mampu mengatur dan melaksanakan segala tindakan guna mencapai tujuan akademik tertentu atau disebut dengan self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan kecemasan menghafal surah Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri X sejumlah 940 siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling didapatkan 269 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala self efficacy yang dibuat peneliti dan skala kecemasan akademik menghafal hasil adaptasi (Lailatul Fiqriyah, 2020). Analisis data menggunakan teknik korelasional person product moment correlation untuk menguji hubungan antar kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan nilai (r) sebesar -0,706 dengan p = 0,000 < 0,05, artinya terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self efficacy dengan kecemasan praktik menghafal surah Al-Qur’an pada siswa MAN dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadist. Tingkat kecemasan praktik menghafal dan self efficacy berada dalam kategori sedang. Disarankan bagi siswa MAN, salah satu solusi untuk dapat mengurangi kecemasan praktik menghafal Surah Al-Qur’an adalah dengan meningkatkan self efficacy yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktik Menghafal, Kecemasan Menghafal, Self Efficacy
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:21
Last Modified: 18 Jan 2023 08:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55322

Actions (login required)

View Item View Item