INNOVATIVE WORKING BEHAVIOR PADA PEKERJA DI JAKARTA (STUDI KOMPARATIF ANTARA KARYAWAN PERUSAHAAN STARTUP DENGAN APARATUR SIPIL NEGARA)


Muhammad Abdirabbirasul ‘Azam Al Fatih, 1511417146 (2022) INNOVATIVE WORKING BEHAVIOR PADA PEKERJA DI JAKARTA (STUDI KOMPARATIF ANTARA KARYAWAN PERUSAHAAN STARTUP DENGAN APARATUR SIPIL NEGARA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511417146 - Muhammad Abdirabbirasul 'Azam Al Fatih.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini menjadi pekerja yang kreatif dan inovatif sangatlah penting dalam mengimbangi perkembangan zaman dimana pekerja mampu menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif. Pertumbuhan perusahaan startup, reformasi birokrasi, pengembangan sistem kerja, penciptaan aplikasi serta peningkatan efisiensi dan efektifitas dalam bekerja merupakan bentuk dari inovasi. Selain itu setiap perusahaan maupun instansi memiliki bentuk kepemimpinan, budaya organisasi dan karakteristik pekerjaan yang berbeda sehingga dapat mempengaruhi innovative working behavior yang dimiliki oleh pekerjanya, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan innovative working behavior pada karyawan perusahaan startup dan Aparatur Negeri Sipil (ASN), mengetahui gambaran innovative working behavior pada karyawan perusahaan startup di Jakarta dan mengetahui gambaran innovative working behavior pada Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif. Populasi penelitian ini adalah karyawan perusahaan Startup dan Aparatur Negeri Sipil (ASN). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 115 karyawan perusahaan startup dan 115 Aparatur Negeri Sipil (ASN) dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala innovative working behavior yang berisi 48 item dengan koefisien reliabilitas = 0,945. Hasil penghitungan dibantu dengan software pengolah data, mendapatkan hasil bahwa innovative pada kedua kelompok subyek penelitiani berada dalam kategori tinggi. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik analisis Mann-Whitney U test memperoleh nilai Z sebesar -3.129 dengan nilai signifikansi (sig.) 0,002. Dengan demikian, hipotetis yang berbunyi terdapat perbedaan innovative working behavior antara karyawan perusahaan startup dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jakarta diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Innotive Working Behavior, Startup, Aparatur Sipil Negara
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:18
Last Modified: 18 Jan 2023 08:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55321

Actions (login required)

View Item View Item