METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERMEDIA AUDIOVISUAL DALAM PENGELOLAAN SAMPAH SISTEM 3R (Reuse, Reduce, Recycle) DI SMAN 10 SEMARANG


Elfrida Tiara Santi, 3201418020 (2022) METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERMEDIA AUDIOVISUAL DALAM PENGELOLAAN SAMPAH SISTEM 3R (Reuse, Reduce, Recycle) DI SMAN 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201418020 - Elfrida Tiara Santi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan Metode Pembelajaran yang biasa digunakan dikelas XI IPS SMAN 10 Semarang kurang bervariasi membuat efektivitas hasil belajar kurang Kooperatif Tipe STAD bermedia audiovisual ini merangsang siswa untuk mengetahui pengolahan sampah yang tepat dan memecahkan permasalahan soal secara bersama-sama. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui penyusunan media audiovisual pengelolaan sampah sistem 3R, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermedia audiovisual pada pengelolaan sampah sistem 3R di SMAN 10 Semarang. (3) Menganalisis efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD bermedia audio visual terhadap hasil belajar siswa di SMAN 10 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 10 Semarang yang diberikan perlakuan Metode Kooperatif Tipe STAD. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tes. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis uji-t. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD berjalan dengan baik dengan diperoleh persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 78,57 dan siswa sebesar 69,5 %. Terdapat efektivitas pembelajaran kooperatif menggunakan metode STAD yang dibuktikan dengan perhitungan uji-t nilai thitung > t tabel (11,222>2,030) dan nilai signifikasi sebesar 0,000 (alpha < 0,05). Metode pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap efektivitas hasil belajar menunjukan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest nilai posttest. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Pelaksanaan Pembelajaran di SMAN 10 Semarang secara keseluruhan pada siswa dan guru sudah terlaksana dengan baikdan berjalan dengan efektif sebagai mana yang diharapkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe STAD, Efektivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:16
Last Modified: 18 Jan 2023 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55319

Actions (login required)

View Item View Item