HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DOSEN DENGAN SELF REGULATED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Adel Puji Laksono, 1511417141 (2022) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DOSEN DENGAN SELF REGULATED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511417141 - Adel Puji Laksono.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Self regulated learning dalam proses pembelajaran dinilai menjadi hal yang penting untuk kesuksesan pembelajaran bagi mahasiswa. Namun, sejak adanya pandemi pembelajaran diterapkan secara online, menyebabkan mahasiswa Universitas Negeri Semarang mengalami berbagai kendala dan kesulitan. Adanya kesulitan ataupun kendala yang dihadapi mahasiswa seharusnya juga didukung dengan adanya dukungan sosial dari dosen selama pembelajaran online. Karena adanya dukungan sosial dosen juga akan berdampak pada self regulated learning mahasiswa. Penelitian ini berjenis kuantitatif korelasional dengan sampel sejumlah 370 mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Kemudian, teknik sampling yang digunakan adalah teknik multistage random sampling. Untuk pengambilan data skala yang digunakan menggunakan skala self regulated learning dan skala dukungan sosial dosen, dimana validitas kedua skala ini menggunakan validitas isi dibantu dengan expert judgement dan perhitungan uji beda daya aitem. Pada skala self regulated learning dari 57 aitem terdapat 34 aitem yang memenuhi syarat, pada skala dukungan sosial dosen dari 28 aitem terdapat 26 aitem yang memenuhi syarat. Reliabilitas sebesar 0,857 pada skala self regulated learning dan pada skala dukungan sosial dosen reliabilitas 0,913. Metode analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik non parametrik Spearman. Dengan hasil menunjukkan adanya hubungan antara self regulated learning dengan dukungan sosial dosen dengan koefisien korelasi bahwa koefisien korelasi dukungan sosial dosen dengan self regulated learning sebesar 0,477 dengan signifikansi 0,000 (0,000 < 0,005). Dengan itu self regulated learning dan dukungan sosial dosen mahasiswa Universitas Negeri Semarang selama pembelajaran online berada pada kategori sedang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: self regulated learning, dukungan sosial dosen, pembelajaran online
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:04
Last Modified: 18 Jan 2023 08:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55318

Actions (login required)

View Item View Item