EFEKTIVITAS GEOHEPI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 13 KABUPATEN TANGERANG
AJENG DWI YULIYANTI, 3201418015 (2022) EFEKTIVITAS GEOHEPI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 13 KABUPATEN TANGERANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
SMA Negeri 13 Kabupaten Tangerang menjadi objek penelitian ini didasarkan karena pada saat mengajar kelas XI pada saat pembelajaran mengalami kejenuhan dan tidak tertarik dalam Pembelajaran Geografi, karena media Pembelajaran Geografi hanya mengandalkan buku paket yang pemberian materi oleh guru, karena hanya mengandalkan buku yang berasal dari pihak sekolah tidak dapat dibawa oleh siswa. Berdasarkan hasil ulangan harian KD 3.6 yang telah dilaksanakan. Kelas XI dalam enam kelas yang paling banyak belum memenuhi KKM adalah kelas XI IPS 1 yaitu sebanyak 32 siswa dari 40 siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat efektivitas GEOHEPI sebagai media pembelajaran geografi terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 13 Kabupaten Tangerang dan tujuan kedua yaitu mengetahui respon siswa setelah menggunakan GEOHEPI sebagai media pembelajaran geografi siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 13 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian kuantitatif deskriptif persentase, populasi dalam penelitian adalah kelas XI IPS di SMA Negeri 13 Kabupaten Tangerang tahun 2021/2022 terdiri enam kelas. Sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 yaitu terdiri dari 40 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan pola one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GEOHEPI sebagai media pembelajaran geografi efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar pada materi keragaman budaya bangsa sebagai identitas nasional berdasarkan keunikan dan sebaran, berdasarkan nilai rata-rata siswa pretest sebesar 59,80 sedangkan pada nilai rata-rata posttest sebesar 84,50 yang artinya adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran geografi dengan penggunaan media pembelajaran GEOHEPI. Pada uji n-gain diperoleh sebesar 59% yang dinyatakan pada kategori cukup efektif. Respon siswa setelah menggunakan GEOHEPI sebagai media pembelajaran geografi mendapatkan hasil respon yaitu setuju. Saran untuk siswa memberikan pengalaman dalam menggunakan GEOHEPI pada Pembelajaran Geografi dan mengurangi kejenuhan belajar di dalam kelas pada Pembelajaran Geografi. Saran untuk guru sebagai referensi mewujudkan pelaksanaan proses pembelajaran yang interaktif dan inovatif melalui penerapan GEOHEPI sebagai sumber belajar dan dapat dijadikan variasi media pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran geografi dan menambah kemampuan guru geografi. Saran untuk sekolah diharapkan menjadi bahan pertimbangan sekolah dalam meningkatkan kekuatan jaringan wifi agar siswa dan guru dapat mengakses GEOHEPI secara bersama-sama. Saran bagi peneliti dalam memanfaatkan media pembelajaran geografi di masa selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, GEOHEPI, Pembelajaran Geografi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Sri Wahyuningsih |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 08:02 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 08:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55316 |
Actions (login required)
View Item |