MODEL PEMBELAJARAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH AL-ASROR PATEMON GUNUNGPATI SEMARANG


Istiqomah, 3201418014 (2022) MODEL PEMBELAJARAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI DI MADRASAH ALIYAH AL-ASROR PATEMON GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201418014 - Istiqomah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran dapat dilihat dari adanya perubahan pada diri siswa. Permasalahan di MA Al-Asror masih banyak guru yang belum menggunakan model pembelajaran dengan baik, mereka masih terpaku pada pembelajaran yang konvensional atau lebih mengutamakan metode ceramah di kelas, sehingga menyebabkan prestasi siswa rendah.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Self Regulated Learning di Madrasah Aliyah Al-Asror dan menganalisis pengaruh pembelajaran self regulated learning terhadap hasil belajar geografi di Madrasah Aliyah Al-Asror. Jenis penelitian yang diguanakan dalam penelitian ini adalah Eksperiment Pretest – Posttest Control Group Design. Desain ini menggunakan dua kali pengukuran terhadap pemahaman siswa tentang materi yang akan dijadikan sampel. Pengukuran pertama pre-test dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa sebelum diberikan perlakuan. Yaitu tingkat pemahaman siswa sebelum diterapkan Model Pembelajaran Self Regulated Learning. Tes kedua posttest yaitu pemberian test kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa setelah diterapkan Model Pembelajaran Self Regulated Learning. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Al-Asror tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 77 siswa, sedangan sampel diambil dengan teknik purposive sampling sejumlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan uji independent sample T test. Hasil penelitian menunjukan Aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan metode Self Regulated Learning lebih baik dibandingkan dengan kelas yang diajarkan tidak menggunakan Self Regulated Learning. Perolehan Aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan metode Self Regulated Learning sebesar 69,4% dengan kategori tinggi dan sebanyak 11 siswa kategori tinggi dapat memahami materi dengan metode Self Regulated Learning. Terdapat pengaruh signifikan metode pembelajaran Self Regulated Learning terhadap hasil belajar pada materi geografi , hal ini dapat dilihat dari hasil pengujin hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa nilai t hitung > t tabel yaitu yaitu 3314 > 2002. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu MA Al-Asror sudah mampu melaksanakan metode pembelajaran dengan baik dan mampu meningkatkan hasil belajar geografi siswa pada kelas X IPS 3 MA Al-Asror.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Sri Wahyuningsih
Date Deposited: 18 Jan 2023 07:52
Last Modified: 18 Jan 2023 07:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55314

Actions (login required)

View Item View Item