HUBUNGAN ANTARA EMOSI AKADEMIK POSITIF DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PELAKU E-LEARNING


Ganang Catur Romadhon, 1511417012 (2022) HUBUNGAN ANTARA EMOSI AKADEMIK POSITIF DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA REMAJA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PELAKU E-LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511417012 - Ganang Catur R.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan alat elekteronik seperti gawai dalam pembelajaran di rumah merupakan hal baru bagi peserta didik dua tahun belakangan ini, adapatasi penyesuaian perlu dilakukan demi tercapainnya standar skor bagi peserta didik yang sudah ditetapkan dalam situasi covid-19, kegiatan belajar mengajar di rumah tanpa pengawasan secara langsung guru membuat siswa-siswi remaja mengalami sedikit banyak perubahan suasan hati dalam proses pembelajaran maupun proses mengerjakan tugas, saat siswa mendapati emosi negatif seperti perasaan bosan maka akan ada kelekatan cenderung memiliki motivasi berprestasi rendah yang berdampak pada akan lambatnya pencapaian prestasi peserta didik.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara emosi akademik positif dengan motivasi berprestasi pada remaja pelaku elearning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional, populasi dalam penelitian ini berada di kawasan sekolah menengah pertama yang memiliki tingkat prestasi yang cukup rendah, penentuan jumlah sampel penelitian berdasarkan Nomogram Herry King, sampel yang digunakan adalah remaja sebanyak 125 siswi dengan pendekatan analisis korelasi product moment pearson. Metode pengambilan data menggunakan skala psikologi emosi adakademi positif dan skala motivasi berprestasi dengan menggunakan media google form, instrumen alat ukur yang digunakan memiliki validitas berada dikategori valid dengan hasil nilai instrumen emosi akademik positif : 0,821 dan motivasi berprestasi : 0,722, intrstrumen alat ukur juga memiliki reliabilitas yang cukup reliabel dengan memiliki nilai 0,891 untuk skala emosi akademik positif dan 0,827 instrumen skala motivasi berprestasi. Hipotesis yang diajukan ditolak, dengan hasil bahwa koefisien korelasi emosi akademik positif dan motivasi berprestasi sebesar 0,060 dengan taraf signifikansi sebesar 0,509 dimana p > 0,05 yang artinya adanya hubungan positif yang tidak signifikan antara emosi akademik positif dan motivasi berprestasi pada subjek sampel penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Emosi, Akademik, Positif, Motivasi, Pendidikan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:03
Last Modified: 18 Jan 2023 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55293

Actions (login required)

View Item View Item