HUBUNGAN ANTARA RELIGIOUS MATURITY DENGAN RESILIENSI PADA MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Unnes yang sedang Mengerjakan Skripsi)


Ahmad Izazi, 1511416087 (2022) HUBUNGAN ANTARA RELIGIOUS MATURITY DENGAN RESILIENSI PADA MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Unnes yang sedang Mengerjakan Skripsi). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511416087- Ahmad Izazi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa dalam penyelesaian masa kuliahnya perlu menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi. Selama ini, penyusunan skripsi menjadi beban berat yang dirasakan kebanyakan mahasiswa, selain memiliki proses yang tidak mudah, skripsi juga memerlukan waktu yang relatif tidak singkat dalam penyusunannya. Hal tersebut yang dapat menyebabkan mahasiswa menjadi tertekan dan stres yang berlarut. Stres yang berlarut merupakan indikasi rendahnya resiliensi pada mahasiswa tersebut, dan keadaan ini tentu perlu segera diatasi. Selama ini pendekatan aspek agama/religiusitas banyak dikaitkan dalam membantu seseorang bangkit dalam keterpurukannya. Hal ini bisa menjadi perhatian bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah incidental sampling. Penelitian ini menggunakan statistik non-parametrik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah skala religious maturity dan resiliensi yang telah divalidasi oleh expert. Skala resiliensi memiliki 20 aitem dengan nilai corrected item total yang bergerak dari 0,296-0,624 dengan reliabilitas 0,860 dan skala religious maturity terdiri dari 11 aitem dengan nilai corrected item total yang bergerak dari 0,301-0,630 dengan reliabilitas sebesar 0,793. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Negeri Semarang yang telah mengambil mata kuliah skripsi semester 8,10 dan 12. Sejumlah 334 responden terlibat dan menjadi subjek analisis dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis, terdapat hubungan positif yang signifikan antara religious maturity dengan resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang dilakukan menggunkan korelasi Rank Spearman, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti p>0,01 dan nilai koefisien sebesar 0,453 yang menunjukan hubungan yang cukup kuat antar kedua variabel. Nilai koefisisen juga menunjukan hasil positif, hal ini berarti semakin tinggi religious maturity maka semakin tinggi resiliensi mahasiswa tersebut. Sementara itu, hasil analisis deskriptif menunjukan secara umum responden memiliki tingkat religious maturity yang tinggi dan resiliensi yang sedang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: religious maturity, resiliensi, mahasiswa skripsi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:31
Last Modified: 18 Jan 2023 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55284

Actions (login required)

View Item View Item